Trik Merawat Lovebird agar Lincah dan Aktif Ngekek

Trik Merawat Lovebird agar Lincah dan Aktif Ngekek
(Foto: https://pixabay.com/id/)

Selain terkenal setia, Lovebird juga burung yang ceria. Ini terlihat pada perangainya yang cenderung aktif. Tapi tidak semua lincah hinggap ke sana kemari di dalam sangkar. Apalagi lovebird peliharaan membutuhkan perawatan tepat. Tujuannya agar selalu ceria dan mampu ngekek panjang. Tentu tidak mudah merawat lovebird agar lincah. Berikut ini Trik Merawat Lovebird agar Lincah dan Aktif Ngekek, antara lain;

Mulai dari Anakan

Merawat burung berwarna unik ini lebih mudah ketika masih anakan. Karena sang pemilik bisa lebih memahami karakter lovebird. Kebiasaan yang diterapkan sejak masih anak menentukan sifat saat dewasa. Pemiliki bisa mulai dari anakan yang berusia kurang dari lima bulan. Pastikan burung tidak cacat. Lebih baik lagi jika merupakan keturunan dari bibit unggul.

Memandikan dengan Halus

Burung yang juga ada di San Fransisco ini terbilang unik. Hewan ini tidak suka dikasari atau dipaksa. Sehingga harus merawat dengan lembut. Begitu pula saat memandikan. Jika burung lain bisa diguyur air, lovebird tidak demikian.

Memandikannya cukup menggunakan spray. Air yang dikeluarkan spray mendarat halus pada bulu Lovebird. Boleh saja memandikannya di bawah pancuran. Asal, aliran air tidak deras. Sambil memandikan, usap secara lembut. Ini membuat burung kicau merasa nyaman.

Menggantang Di Tempat Ramai

Karena sayang, bukan berarti selalu menempatkan Lovebird di dalam sangkar. Terlalu lama terkurung, ia merasa bosan. Ini akan membuatnya tertekan. Sehingga enggan untuk lompat dan ngekek. Cobalah menggantang hewan ini di luar sangkar. Mulai biasakan berinteraksi dengan suasana ramai. Kebiasaan ini dapat membentuk rasa percaya diri.

Membangun Kedekatan

Memiliki hewan peliharaan bukan perkara memberi makan minum. Tapi juga harus menjalin kedekatan. Ini menjadi modal utama agar Lovebird jinak dan nyaman berada di tangan pemiliknya. Karena merasa aman, burung ini akan lebih sering ngekek. Tingkahnya juga semakin lincah. Hingga dapat menghibur manusia.

Burung yang dirawat dengan baik bahkan bisa melakukan atraksi. Sabar merawat lovebird agar lincah dan ngekek harus dipertahankan. Karena tidak ada hasil yang didapat secara instan. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, tentu butuh usaha, salah satunya dengan mempearktekkan Trik Merawat Lovebird agar Lincah dan Aktif Ngekek diatas.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *