Tips Menyehatkan Paru-Paru Setelah Sembuh Covid-19

(Foto: https://unsplash.com/photos/_-DIX0c_Q1Y)

Bagi penyintas Covid-19 yang akhirnya berhasil sembuh, tentunya menjadi sebuah kebahagiaan. Meski begitu, ada hal yang perlu diwaspadai karena bagi sebagian penyintas mengalami efek jangka panjang pada paru-parunya seperti nafas lebih cepat tidak bisa bernafas sebebas sebelumnya. Oleh sebab itu, bagi anda yang berhasil sembuh dari Covid-19, masih perlu melakukan beberapa tips menyehatkan paru-paru seperti berikut ini. Berikut Tips Menyehatkan Paru-Paru Setelah Sembuh Covid-19.

Melatih Pernapasan

Tips menyehatkan paru-paru yang harus dilakukan pertama kali adalah rajin melatih pernapasan. Hal ini karena sebagian besar pasien Covid-19 mengalami sesak ketika bernapas.

Latihan pernapasan bisa dilakukan dengan memosisikan tubuh dengan postur meditasi. Selain membantu napas agar lebih baik, juga akan meningkatkan aliran darah menuju paru-paru.

Selain itu, bisa juga dengan melakukan posisi proning, yaitu melatih napas saat dalam posisi tengkurap. Posisi proning ini dapat meningkatkan aliran oksigen termasuk juga meningkatkan saturasi oksigen.

Hindari Merokok

Seperti diketahui, rokok memberikan efek yang buruk bagi pernapasan dan juga bisa meningkatkan risiko penularan Covid-19. Oleh sebab itu, bagi penyintas Covid-19, tips menyehatkan paru-paru yang harus dilakukan adalah menghindari aktifitas merokok.

Hindari Asap dan Polusi

Selain menghindari rokok, anda juga harus menghindari asap serta polusi. Hal ini karena polusi bisa meningkatkan risiko terulangnya infeksi Covid-19 ke tubuh. Juga karena asap dan polusi mengandung beragam kandungan berbahaya bagi paru-paru.

Latihan Kardio

Tips menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah dengan melakukan aktifitas yang bisa meningkatkan pernapasan. Salah satunya adalah dengan olahraga atau latihan fisik dengan kapasitas cepat atau sedang sehingga bisa meningkatkan aliran darah dan meningkatkan detak jantung juga.

Latihan kardio ini bisa dilakukan di rumah. Namun yang perlu diingat jangan langsung melakukan olahraga dengan kapasitas cepat, akan tetapi, perlu dilakukan secara perlahan dan bertahap.

Konsumsi Makanan Sehat untuk Paru-Paru

Selain latihan pernapasan dan olahraga, mengonsumsi makanan sehat untuk paru-paru juga sangat penting untuk dilakukan, seperti contohnya mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi Omega-3. Kemudian mengonsumsi bawang putih serta kunyit yang juga berkhasiat sebagai obat antivirus.

Itu dia tips menyehatkan paru-paru yang perlu dilakukan setelah sembuh Covid-19. Lakukan secara rutin agar paru-paru selalu sehat. Jangan lupa juga untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

Demikian Tips Menyehatkan Paru-Paru Setelah Sembuh Covid-19. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *