Tips Menggunakan Masker yang Baik dan Benar

Tips Menggunakan Masker yang Baik dan Benar
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/covid-19-topeng-coronavirus-korona-4969674/)

Masker menjadi salah satu benda wajib untuk pergi ke luar rumah di masa pandemi seperti ini. Tips Menggunakan Masker yang Baik dan Benar sangat diperlukan. Menggunakan masker yang baik dan benar bisa meminimalkan risiko tertular Covid-19. Masker yang digunakan tidak semestinya tak akan bisa melindungi seseorang dari risiko terinfeksi. Tak heran jika penularan masih terus terjadi karena masyarakat yang masih kurang disiplin dalam memakai masker dengan benar.

Tips Menggunakan Masker yang Baik

Ada banyak alasan seseorang bisa abai dalam memakai masker. Guna kebaikan bersama, masyarakat harus sadar akan ketentuan memakai masker. Berikut ini cara menggunakan masker yang baik dan benar.

Mencuci Tangan Sebelum Memegang Masker

Sebelum mengenakan atau memegang masker perlu untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Ini untuk memastikan bahwa masker tetap dalam keadaan bersih.

Memegang Masker Pada Bagian Tali

Pengguna banyak yang memegang masker asal-asalan, seperti memegang bagian tengahnya. Padahal hal tersebut bisa berisiko membuat masker menjadi kotor. Pegang masker hanya pada bagian talinya saja baik saat memakai atau melepasnya.

Memastikan Masker Menutup Dengan Benar

Menggunakan masker yang baik dan benar yaitu dengan menutup pada bagian mulut, hidung, dan dagu. Setelah dan sebelum memperbaiki masker dan memegangnya sebaiknya cuci tangan.

Memastikan Masker Nyaman Saat Digunakan Bernapas

Tak sedikit masyarakat yang kadang keberatan memakai masker karena tidak nyaman. Memakai masker juga harus nyaman, jadi perlu memilih masker dengan bahan yang baik dan ukuran yang sesuai. Pengguna perlu memastikan apakah masker tersebut tetap nyaman saat digunakan berbicara dan bernapas.

Mencuci Masker Kain Setelah Digunakan

Cuci masker kain setelah digunakan. Jangan menggunakan masker terlalu lama dan segera ganti jika kotor atau lembab. Cara mencuci masker kain yaitu dengan merendamnya lebih dulu dengan air panas, cuci dengan deterjen, lalu bilas dengan air mengalir. Keringkan masker di bawah sinar matahari langsung.

Masker dapat menjadi benteng untuk melindungi diri dari tertular virus seperti Covid-19. Menggunakan masker yang baik dan benar sangat penting untuk terhindari dari virus. Penggunaan yang tidak tepat malah jadi percuma sehingga harus dihindari.

Demikian Tips Menggunakan Masker yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *