Tips Aman Olahraga Untuk Penderita Anemia

Tips Aman Olahraga Untuk Penderita Anemia
(https://pixabay.com/id/photos/pria-jogging-robot-berjalan-latihan-1245658/)

Orang yang mengalami kondisi anemia biasanya akan mengalami gejala lemas dan kelelahan. Kondisi tersebut kadang membuat penderita anemia takut untuk berolahraga. Sebenarnya olahraga untuk penderita anemia bisa dilakukan. Namun ini harus menyesuaikan dengan kondisi dari seseorang. Tak boleh memaksakan diri apalagi saat kondisi tubuh kurang bugar. Tips Aman Olahraga Untuk Penderita Anemia.

Berikut ini beberapa tips olahraga untuk penderita anemia.

Mengetahui Kondisi Tubuh

Orang dengan anemia harus mengetahui kondisi tubuhnya agar dapat berolahraga dengan aman. Saat berolahraga, lakukan jeda untuk beristirahat dan mengecek kondisi tubuh. Periksa detak jantung saat berolahraga dan saat beristirahat. Detak jantung yang terlalu cepat menandakan seseorang perlu beristirahat. Pahami tingkat kebugaran dan rasa lelah yang tidak normal. Seseorang harus tahu kapan dirinya harus istirahat.

Mulai Dengan Perlahan

Saat olahraga tidak boleh terburu-buru atau langsung dengan intensitas tinggi. Mulailah dengan perlahan sesuai dengan tingkat kemampuan. Apalagi bagi orang dengan kondisi anemia, perlu menyesuaikan dengan kondisi dirinya.

Konsultasi Dulu Ke Dokter

Saat melakukan pemeriksaan dengan dokter, bisa menanyakan juga soal olahraga. Dokter yang mengetahui kondisi tubuh seseorang akan memberikan rekomendasi terbaiknya. Saat merasa kelelahan berlebih maka perlu membicarakannya ke dokter.

Ingat Pemulihan

Saat anemia, seseorang bisa mengalami asidosis laktat. Kondisi ini saat asam laktat menumpuk di aliran darah lebih cepat daripada yang bisa dikeluarkan. Asam laktat dalam aliran dah tersebut dapat menyebabkan kelelahan dan nyeri otot. Orang dengan anemia tidak bisa pulih dari latihan secepat orang biasa. Setelah berolahraga, sebaiknya mengambil waktu istirahat untuk menyingkirkan penumpukan asam laktat.

Menyesuaikan Makanan

Olahraga membutuhkan tubuh yang kuat. Makanan bergizi yang mengandung zat besi dan vitamin B12 cocok untuk penderita anemia. Orang dengan anemia harus makan dengan cukup serta mempertimbangkan konsumsi suplemen zat besi. Apalagi jika berencana untuk berolahraga, sebaiknya memastikan bahwa tubuh sudah ternutrisi dengan baik.

Olahraga untuk penderita anemia memang tidak bisa seperti orang biasa karena menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Penderita anemia bisa memilih jenis olahraga yang ringan dan tidak perlu memaksakan diri saat merasa kelelahan.

Demikian Tips Aman Olahraga Untuk Penderita Anemia. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *