Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Makan Makanan Bergizi

Imunitas tubuh adalah sistem pertahanan tubuh melawan virus, bakteri, dan organisme yang dapat menyebabkan penyakit. Pada masa pandemi Covid-19, meningkatkan imun tubuh merupakan salah satu upaya mencegah terinfeksi virus Covid-19. Nah, salah satunya dengan tingkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi.

Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Makan Makanan Bergizi
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/)

Makan makanan bergizi berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ini beberapa tips memenuhi kebutuhan makanan bergizi agar daya tahan tubuh meningkat dan memberikan perlindungan secara optimal.

Penuhi Kebutuhan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu makronutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jenis makanan ini dapat diperoleh dari makanan pokok. Misalnya nasi, umbi-umbian, jagung, dan kentang.

Konsumsi Protein

Protein biasanya berasal dari lauk pauk. Protein hewani diperoleh dari ikan, ayam, telur atau daging. Sementara, protein nabati diperoleh dari tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Selain mengonsumsi karbohidrat dan protein, tingkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi lainnya, yaitu sayuran. Agar tidak bosan, Anda dapat memasak sayur yang berlainan setiap hari.

Setiap warna dari sayuran memiliki khasiat yang berbeda bagi tubuh. Selain meningkatkan sistem imun tubuh, warna sayuran juga memiliki khasiat lain yang penting bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh sayuran berwarna hijau bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, menguatkan sel otak, dan membantu menghasilkan sel darah merah.

Perbanyak Mengonsumsi Buah-buahan

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Terdapat beragam buah yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sama halnya dengan sayuran, warna buah pun dapat dibedakan berdasarkan khasiat yang diberikan pada tubuh.

Buah berwarna kuning dan orange, seperti pisang, mangga, jeruk, dan pepaya. Buah-buahan ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan penglihatan, dan menjaga kesehatan hati.

Buah yang memiliki warna semakin gelap, memiliki kandungan vitamin yang lebih banyak. Misalnya, blueberry dan anggur. Selain meningkatkan sistem imun, buah ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, menjaga kesehatan jantung, dan pembuluh darah.

Beberapa tips di atas dapat Anda praktikkan untuk tingkatkan imunitas tubuh dengan makan makanan bergizi. Jangan lupa semuanya harus dipenuhi secara seimbang, agar hasilnya optimal.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *