Teknik Fotografi Fashion yang Perlu Dikuasai Pemula

Teknik Fotografi Fashion yang Perlu Dikuasai Pemula
(Foto: https://unsplash.com/photos/G95AReIh_Ko)

Fotografi saat ini sudah bukan sekedar hobi. Melalui bidang ini, seseorang bisa meraup pundi-pundi rupiah. Keuntungan yang didapatkan tidak main-main. Terlebih lagi untuk tujuan fashion. Akan tetapi, seorang pemula harus mampu berkembang. Agar menghadirkan hasil visual yang tajam sehingga dapat menguasai teknik fotografi fashion yang penting. Berikut Teknik Fotografi Fashion yang Perlu Dikuasai Pemula.

Konsep Fotografi

Profesi fotografer bukan hanya tentang memotret model. Sebelum pengambilan gambar, memerlukan sebuah konsep. Tentu ini memerlukan pemikiran yang menyita waktu. Tapi, perencanaan konsep yang matang akan membuahkan hasil.

Keberadaan tema akan menjadi acuan bagi pihak yang terlibat. Dalam hal ini termasuk pengarah gaya, model dan perias. Penentuan tema perlu didiskusikan dengan keinginan klien. Dengan melihat jenis pakaian apa yang ingin diiklankan. Sehingga fotografer dapat mengembangkan konsep yang tepat.

Pencahayaan Studio

Teknik fotografi fashion yang tidak boleh terlewat adalah pencahayaan. Aspek lighting ini sangat mempengaruhi hasil foto. Cahaya mampu menampilkan detail pakaian. Sekaligus memberikan nuansa yang berbeda dalam jepretan kamera.

Baik cahaya alami maupun dari lampu sorot, keduanya bergantung pada ketepatan. Hanya saja, kebanyakan fotografer menyukai melakukan foto di studio. Karena dapat mengatur lighting sendiri. Sehingga dari segi pengerjaan lebih efisien.

Variasi Angle Pemotretan

Pengambilan gambar sering terjadi beberapa kali dalam satu pose. Tujuannya agar mendapatkan angle yang bervariasi. Eksplorasi sudut ini dapat menghasilkan gambar dengan efek berbeda. Sehingga kesan yang ditampilkan pun akan berbeda.

Pose Model

Pengarah gaya memang bertugas untuk menyeimbangkan pose model. Tapi, tugas ini juga perlu dikuasai fotografer. Karena pengambil gambar adalah orang pertama yang melihat hasil. Ia menjadi pemegang kamera, sehingga terlihat jelas antara gaya dengan kesesuaian tema. Jika dirasa kurang pas maka juru kamera akan mengarahkan model.

Seorang pemula tidak perlu ragu berdiskusi dengan pihak-pihak terkait. Karena inilah yang mempelancar proses pengerjaan. Belajar teknik fotografi fashion tidak sesulit yang dibayangkan. Asalkan terus berusaha dan selalu melakukan evaluasi. Pahami dulu dasar ilmunya agar pondasi lebih kuat.

Demikian ulasan Teknik Fotografi Fashion yang Perlu Dikuasai Pemula. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *