Syarat Memberikan Makanan Burung Lovebird yang Berkualitas

Syarat Memberikan Makanan Burung Lovebird yang Berkualitas
(Foto: https://www.zooplus.de/magazin/vogel/vogelernaehrung/agaporniden-futter)

Pecinta brurung pasti kenal dengan lovebird. Burung sebangsa parrot mini kini sangat digemari. Bukan karena warna menarik, tapi juga suaranya yang unik. Pemberian makanan burung lovebird sangat mempengaruhi kualitas kicauan. Karena itu, pakan sehari-hari harus memenuhi syarat khusus. Berikut Syarat Memberikan Makanan Burung Lovebird yang Berkualitas

Bergizi Lengkap

Seperti halnya manusia, hewan ini memerlukan nutrisi lengkap. Pakan yang berkualitas mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin. Kebutuhan air juga harus tercukupi. Pemberian pakan bernutrisi membuat stamina lovebird lebih bugar. Kondisi ini mendorong burung berkicau lebih lama.

Pakan bergizi lengkap akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga burung kecil ini memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Penyakit tidak mudah menyerang lovebird yang sehat. Kandungan metionin, lisin dan vitamin pada pakan meningkatkan warna bulunya. Sehingga terlihat sangat mencolok dan menarik perhatian.

Serat yang Cukup

Kandungan serat pakan burung unik ini perlu diperhatikan. Jenis pakan yang diperbolehkan mengandung serat rendah sehingga kadar serat tidak lebih dari 2%. Serat yang melebihi takaran dapat mengurangi penyerapan. Sari makanan burung lovebird hanya akan terbuang sia-sia.

Segar

Lovebird bisa memakan apa yang diberikan oleh pemiliknya, tapi makanan yang segar adalah yang terbaik. Pastikan pakan terjaga kebersihannya. Buang jauh-jauh pakan yang telah berjamur. Karena kebersihan makanan berpengaruh terhadap kesehatan burung. Pakan yang apek dan berjamur berbahaya untuk kesehatan.

Tidak Mengandung Zat Adiktif

Banyak pakan lovebird berupa pelet di pasaran. Jenis makanan ini boleh saja diberikan. Hanya saja, perlu dipilih yang terbuat dari bahan alami. Karena burung yang senang berkicau ini, menyukai pakan alami. Makanya, hindari penggunaan zat aditif dalam pakan.

Jika terpaksa membeli pellet atau biji kemasan, harus dipastikan dulu dan harus mengetahui komposisi yang digunakan. Apakah menggunakan zat kimia atau tidak. Contoh bahan aditif, antara lain pengawet, pemanis, perasa dan pewarna buatan.

Syarat Memberikan Makanan Burung Lovebird yang Berkualitas. Pakan yang diberikan pada keluarga parrot ini harus tepat. Pemberian makanan burung lovebird memperhatikan gizi hingga porsi. Bukan karena mengandung nutrisi baik, bisa diberikan terus. Berlebihan malah tidak baik bagi kesehatan si Burung Kicau.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *