Sistem Imun Meningkat Berkat Rajin Mengonsumsi Buah

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/persimpangan-buah-buahan-lemon-863072/)

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat sistem imun yang kuat. Semakin baik sistem imun, maka semakin kuat daya tahan tubuh. Ini yang menyebabkan tubuh tidak mudah sakit. Karena dapat menangkal masuknya virus dan bakteri. Penyakit dapat dicegah sebelum menyerang tubuh. Berikut ulasan Sistem Imun Meningkat Berkat Rajin Mengonsumsi Buah.

Salah satu komponen dalam makanan yang dapat menangkal virus adalah buah. Dengan rajin mengonsumsi buah, kekebalan tubuh akan meningkat. Berikut buah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Delima

Buah ini memiliki nama latin punica granatum. Saat ini terkenal juga dengan sebutan Pomegranate. Tanaman ini asli dari Persia dan tumbuh subur di kawasan Himalaya dan India Selatan. Delima juga dapat tubuh subur di Indonesia. Konon katanya, tanaman ini berkembang sangat baik karena dibawa oleh pedagang dari Persia.

Ciri-ciri Buah Delima

Ciri yang unik dari buah ini adalah dagingnya yang berbentuk bulat kecil. Warna merah pada daging buah sangat mencolok. Meski begitu, setiap daging buah memiliki biji kecil yang cukup keras. Tekstur buahnya cukup menarik karena renyah. Rasanya manis dan menyegarkan.

Tanaman buah delima termasuk dalam tumbuhan perdu. Tanamannya berupa pohon kecil yang bisa tumbuh setinggi 2 meter hingga 5 meter. Meski kecil, batangnya berkayu cenderung lemah. Rantingnya bersegi dangan cabang yang cukup banyak.

Kandungan Gizi Buah Delima

Dalam satu buah delima utuh terdapat kandungan gizi yang menjanjikan. Buah yang manis ini memiliki 40% vitamin C yang dikonsumsi harian orang dewasa. Tak lupa juga vitamin A dan vitamin E yang diperlukan untuk kesehatan mata. Kandungan lain yang perlu diperhatikan adalah serat, niasin, kalium dan folat.

Sifat antioksidannya dapat melawan virus berbahaya. Bahkan mampu mencegah radikal bebas yang bersentuhan langsung setiap hari. Kadar antioksidan buah delima lebih tinggi daripada buah golongan berry.

Pepaya

Buah yang cukup populer berkhasiat bagi kesehatan adalah pepaya. Buah yang berasal dari Amerika ini tumbuh sangat subur di Indonesia. Sehingga mudah ditemui pada toko dan kios buah kecil. Harganya pun sangat terjangkau.

Ciri-ciri Buah Pepaya

Daging dari pepaya berwarna oranye kekuningan hingga oranye kemerahan. Warna dagingnya cukup menarik karena terlihat menyala. Tekstur buahnya cukup lembut. Sehingga nyaman dikonsumsi segala usia. Pepaya matang memiliki rasa yang manis.

Pohon pepaya dapat tumbuh sangat tinggi dan lurus. Morfologi daunnya memiliki prtiolus dan lamina. Tulang daunnya berisi 5 tukang ibu atau disebut juga dengan costa. Serta terdapat vena atau urat daun. Pada setiap jenis, memiliki bentuk buah yang berbeda. Bila dibelah, akan menemui biji kecil berwarna abu-abu hingga hitam pekat.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Buah ekonomis ini kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Kolaborasi kandungan gizinya dapat meningkatkan sistem imun. Meski rasanya manis, kandungan vitamin C pepaya sangat melimpah. Dalam 152 gram daging buah dapat memenuhi 33% total vitamin A harian yang dibutuhkan tubuh.

Buah ini memiliki enzim aktif yang disebut papain. Fungsi utama enzim ini adalah memisahkan rantai protein yang terdapat pada daging. Berkat enzim ini, sistem pencernaan menjadi lancar.

Pepaya bersifat anti inflamasi dan anti oksidan. Sehingga dapat mengatasi peradangan. Selain itu juga membantu menyembuhkan luka bakar. Nutrisi alami dapat melawan radikal bebas. Maka dari itu, tubuh akan terlindung dari penyakit berbahaya.

Jeruk

Buah yang satu ini memang terkenal menyegarkan. Cara mengonsumsinya bisa dengan berbagai macam. Bisa dimakan daging buahnya langsung, bisa juga dibuat minuman. Ini yang menyebabkan jeruk sangat disukai segala usia.

Ciri-ciri Buah Jeruk

Pohon buah jeruk bisa tumbuh hingga 15 meter. Akan tetapi pada beberapa jenis sudah berbuah pada ketinggian sekitar 1 meter hingga 2 meter. Buahnya berbentuk lonjong hingga bulat. Tumbuh baik dengan warna hijau hingga oranye. Hal itu tergantung pada jenisnya.

Kandungan Gizi Buah Jeruk

Jeruk sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Sementara, vitamin ini sangat berperan dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Vitamin C dapat mendorong produksi sel darah putih. Sel inilah yang bertugas melawan bakteri dan virus dalam tubuh.

Dalam satu jeruk yang berukuran sedang, dapat memenuhi 78% kebutuhan harian vitamin C orang dewasa. Angka tersebut setara dengan kebutuhan 90 mg yang dibutuhkan wanita. Sebesar 75 mg vitamin yang dibutuhkan oleh pria.

Sedangkan hal yang berbeda dapat ditemukan pada kandungan jeruk Bali dan jeruk nipis. Setengah jeruk Bali terdapat 73% kebutuhan harian vitamin C. Ini setara dengan kandungan vitamin 44 mg. Dari satu jeruk nipis dapat menghasilkan 22% vitamin C.

Tomat

Bahan makanan ini berasal dari keluarga Solanaceae. Tanaman ini asli dari Amerika Selatan dan Tengah. Tanaman ini bisa dikonsumsi sebagai buah maupun sayur. Rasanya cukup menyegarkan saat dimakan langsung.

Ciri-ciri Tomat

Pohon tomat tumbuh subur di daratan rendah dan tinggi. Tekstur batang pohonnya lunak, tapi kuat. Sedangkan bentuk buahnya cukup beragam, tergantung jenis yang ditanam. Ada buah yang berbentuk bulat utuh, oval, oval dan bulat persegi. Tomat muda berwarna hijau, sedangkan yang telah masak, berwarna merah.

Kandungan Dalam Tomat

Buah yang juga termasuk dalam golongan sayur ini memiliki kandungan yang penting. Terdapat likopen, beta karoten, enzim fitoena dan fitofluena. Zat-zat tersebut sangat baik untuk memelihara kekebalan tubuh. Karena berguna sebagai antioksidan.

Antioksidan likopen merupakan zat yang paling terkenal. Karena likopen bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung. Selain itu juga dapat melindungi sel tubuh dari virus dan bakteri.

Kombinasi vitamin A, C dan E pada tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Rajin mengonsumsi buah tomat 100 gram dapat memenuhi vitamin C harian sebanyak 20%. Sedangkan 20% lain dapat menyediakan kebutuhan vitamin A harian saat mengonsumsi 100 mg tomat matang.

Jambu Biji

Nikmatnya buah berbiji ini sering dirasakan pada olahan jus. Jambu biji juga terasa segar saat dimakan dagingnya secara langsung. Lebih enak lagi diolah sebagai rujak manis, dicocol dengan gula merah.

Ciri-ciri Jambu Biji

Pohon jambu biji merupakan kelompok tumbuhan dikotil. Termasuk juga dalam golongan tanaman perdu. Tinggi pohon bisa mencapai 10 meter. Cabangnya bisa menyebar dalam satu pohon.

Buah ini bisa dikatakan sebagai tanaman asli Indonesia. Bentuknya bulat hingga lonjong dengan kulit berwarna hijau. Saat matang sempurna, kulitnya ada yang berwarna kekuning-kuningan. Sedangkan warna daging buahnya putih dan merah muda.

Kandungan Gizi Jambu Biji

Jenis buah ini mengandung vitamin C yang tinggi, selain buah jeruk. Bahkan satu buah jambu biji menyediakan lebih banyak dari kebutuhan vitamin C harian. Tentu hal ini sangat direkomendasikan untuk perlindungan tubuh secara alami.

Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan murah. Kekebalan tubuh meningkat hanya dengan rajin mengonsumsi buah lokal. Sehingga tidak memerlukan tambahan dari suplemen. Kebiasaan ini dapat melatih gaya hidup yang lebih sehat dan berkualitas.

Demikian ulasan Sistem Imun Meningkat Berkat Rajin Mengonsumsi Buah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *