Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi

Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/ikan-salmon-tumbuhan-makanan-1238248/)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi yang perlu dihindari oleh seseorang. Tekanan darah tinggi sendiri menjadi salah satu faktor terjadinya resiko untuk penyakit jantung. Makanan untuk penderita darah tinggi perlu diperhatikan agar bisa membuat tekanan darahnya menjadi lebih ideal dan stabil. Meditasi disertai pola diet yang baik akan membantu untuk menjaga tekanan darah agar tidak tinggi. Berikut ini penjelasan Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi.

Riset menunjukkan bahwa beberapa makanan bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah. Makanan tersebut memiliki nutrisi spesifik seperti potassium dan magnesium. Berikut beberapa contoh makanan untuk penderita darah tinggi.

Buah Sitrus

Yang pertama adalah buah sitrus, seperti jeruk dan lemon memiliki efek yang dapat menurunkan tekanan darah. Buah jenis ini kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu kesehatan jantung.

Meminum jus jeruk dan grapefruit mampu menurunkan tekanan darah. Namun ini bisa berpengaruh pada medikasi atau obat penurun darah tinggi. Jika meminum obat-obatan, sebaiknya bertanya pada dokter yang meresepkan obat tersebut apa saja buah yang bisa dimakan.

Salmon dan Ikan Berlemak Sehat Lainnya

Ikan berlemak merupakan sumber lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Lemak sehat pada ikat dapat mengurangi tekanan darah dengan mengurangi peradangan. Ini juga menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oxylipin.

Wortel

Buah wortel bisa menjadi makanan untuk penderita darah tinggi. Sayuran berwarna jingga ini kaya akan senyawa fenolik yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Efeknya tersebut bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Bagi penderita darah tinggi sebaiknya memakan wortel mentah karena lebih ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

Tomat

Buah tomat kaya akan nutrisi termasuk potasium dan likopen. Pigmen karotenoid likopen memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan tomat dapat memperbaiki tekanan darah dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Brokoli

Selanjutnya adalah Brokoli. Jenis sayuran ini sangat baik untuk sistem sirkulasi darah. Sayuran cruciferous ini mengandung antioksidan flavonoid yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Brokoli dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.

Makanan untuk penderita darah tinggi dapat ditambahkan dalam menu diet sehari-hari. Penderita yang melakukan pengobatan medis bisa bertanya soal menu makanan yang cocok berdampingan dengan obatnya.

Demikian Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *