Rekomendasi Jenis Pakan untuk Ikan Cupang

Rekomendasi Jenis Pakan untuk Ikan Cupang
(Foto: http://www.gcmec.com/small-feed-mill/motor-driven-feed-mill/)

Agar ikan cupang tumbuh dengan optimal, perlu nutrisi yang tepat. Kebutuhan gizi ini terdapat pada pakan yang diberikan. Dengan memberi makanan yang bernutrisi, akan menjadi sehat. Jenis pakan untuk ikan cupang bahkan ada yang memunculkan warna cerah, tentunya akan menarik perhatian. Setidaknya terdapat dua jenis makanan untuk ikan air tawar ini, alami dan buatan. Berikut Rekomendasi Jenis Pakan untuk Ikan Cupang.

Pakan Alami

Pakan alami cupang adalah makanan yang berasal dari alam. Jenis makanan ini masih berupa bentuk asli. Untuk mendapatkan yang alami, perlu mencari di alam sekitar. Dalam pencarian, biasanya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan cuaca. Sehingga dalam satu waktu belum tentu mendapat jenis pakan yang sama.

Jentik Nyamuk

Pakan untuk ikan cupang yang paling umum adalah jentik nyamuk. Pakan alami ini diperlukan untuk memunculkan warna ikan yang cerah. Selain itu juga dapat menambah berat ikan. Karena larva nyamuk mengandung lemak sebesar 13%.

Cacing Sutera

Cacing sutera biasa diberikan pada cupang dewasa berusia 3 hingga 4 bulan. Tubifex ini mengadung zat karotenoid. Protein yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan ikan hias ini.

Kuning Telur

Tentu sangat mudah mendapatkan kuning telur di pasaran. Nutrisi pakan ini sangat tinggi. Kaya akan protein yang dibutuhkan ikan cupang. Tapi, jangan sering memberikan kuning telur. Karena ampasnya mengotori aquarium.

Pakan Buatan

Pakan buatan mulai diserbu saat sulit menemukan dari alam. Makanan ini dibuat dengan formula tertentu. Pemilik ikan akan mendapati beberapa pilihan pakan buatan. Biasanya makanan ini dibuat dengan tujuan tertentu. Sehingga dapat mempertimbangkan kebutuhan.

Bubuk Artemia Salina

Pakan berbentuk bubuk ini terbuat dari udang kecil sejenis zooplankton. Makanan ini sangat bagus untuk cupang anakan berusia kurang dari satu bulan. Satu sendok teh bubuk, perlu dicampur dengan air bersih.

Frozen Blood Warm

Makanan favorit ikan hias ini berasal dari cacing darah dibekukan. Pakan ini berbentuk lempeng. Pengemasannya dibuat sangat rapat menggunakan plastik. Agar tidak cepat busuk, simpan di lemari es setelah dibuka.

Pelet

Makanan praktis untuk ikan hias adalah pelet. Pemilik cupang tidak perlu repot menyiapkan pakan. Bahkan terbilang awet dan mudah didapatkan. Kandungan nutrisinya cukup tinggi. Pelet yang bagus tidak mengembang saat dicelup ke dalam air.

Itulah Rekomendasi Jenis Pakan untuk Ikan Cupang. Perkembangan ikan air tawar ini semakin meningkat dengan makanan bernutrisi. Pemberian makanan yang bervariasi mendukung terpenuhinya gizi cupang.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *