Rahasia Merawat Lovebird yang Benar Agar Ngekek Panjang

Lovebird bukan hanya menjadi hewan peliharaan yang menarik. Burung kecil ini sangat lincah dan periang. Sehingga pintar memainkan suara ngekek panjang. Dengan perawatan khusus, burung ini akan menunjukkan kelebihannya. Oleh karena itu, lovebird bukan termasuk hewan sembarangan. Simak tips Rahasia Merawat Lovebird yang Benar Agar Ngekek Panjang.

Pemilihan Pakan Terbaik

Sebagai burung yang unik, kicauan lovebird tidak biasa. Hewan kecil ini, bisa ngekek atau berkicau panjang. Untuk mendapatkan suara ini, pemilihan makanan perlu diperhatikan. Menu dalam makanan cenderung lebih bervariasi. Dengan waktu makan seperti biasa.
Lovebird sangat menyukai millet. Bisa mencampurkan millet hijau atau merah bersama dengan biji-bijian lain. Pakan yang bisa dicampur, antara lain jagung, gandum, biji kenari dan kecambah. Dalam menu pakan harus mengandung kalsium, protein, karbohidrat dan mineral lain.

Kebersihan Sangkar

Burung yang sehat menjadi kunci agar riang berkicau. Karena lovebird cenderung tidak bergairah saat sakit. Maka dari itu, sangkar harus selalu bersih. Ini juga berlaku untuk benda lain yang ada di dalam kandangnya. Selalu cuci tangkringan, wadah pakan dan minum. Tak terkecuali kotoran yang menempel di dasar kandang.
Sangkar yang bersih mencegah munculnya virus dan bakteri. Burung kecil ini akan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan begitu, lovebird merasa nyaman tinggal di kandangnya. Suasana ini mendorong burung untuk ngekek.

Teknik Pengembunan dan Penjemuran

Pengembunan merupakan upaya merawat lovebird agar ngekek panjang. Ini dilakukan sebelum subuh hingga matahari terbit. Tentu sebelum burung dimandikan. Teknik ini membuat burung asal Afrika ini terbiasa mengekek. Setelah dimandikan, lanjut dengan penjemuran. Lovebird perlu dijemur selama satu hingga dua jam di bawah sinar matahari. Tujuannya agar tubuhnya tetap hangat. Hingga mampu mengeluarkan kicauan aslinya.

Pemasteran

Pemasteran dilakukan dengan menempatkan burung lain. Dengan syarat burung tersebut telah pandai mengekek. Ini akan mendorong burung peliharaan ikut berkicau. Bisa juga dengan memperdengarkan kicauan dari radio, Mp3 atau handphone. Lakukan cara ini rutin setiap hari.

Merawat lovebird agar ngekek panjang memang tidak mudah. Butuh ketelatenan dan kesabaran. Hal yang perlu diingat adalah konsisten melakukan perawatan. Ini membuat kicauan burung tahan lama.

Demikian artikel Rahasia Merawat Lovebird yang Benar Agar Ngekek Panjang. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *