Ragam Vitamin K yang Berperan Menjaga Kekebalan Tubuh

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/wanita-melompat-udara-melompat-jauh-2827333/)

Sebutan untuk vitamin K berasal dari gabungan bahasa Jerman dan Denmark. Istilah yang digunakan pada huruf K adalah Koagulations-Vitamin. Penamaan tersebut merujuk pada kumpulan jenis vitamin hidrofobik dan lipofilik. Keduanya diperlukan dalam proses modifikasi setelah terjadi pemindahan protein. Ragam vitamin K sangat berguna bagi daya tahan tubuh. Berikut ulasan Ragam Vitamin K yang Berperan Menjaga Kekebalan Tubuh.

Apa Pentingnya Vitamin K pada Tubuh?

Vitamin larut dalam lemak ini memiliki sifat tahan panas. Tapi, bisa mudah rusak saat terkena sinar matahari, senyawa asam dan basa. Pada tubuh manusia, vitamin K memiliki peran penting. Sehingga tidak bisa diremehkan khasiatnya. Karena berhubungan dengan organ-organ vital.

Menguatkan dan Menjaga Kepadatan Tulang

Untuk masalah tulang, vitamin K sudah terkenal fungsinya. Bahkan senyawa ini dikenal dapat mencegah osteoporosis. Penyakit ini lebih sering menyerang lansia. Pada wanita, zat larut lemak ini mencegah keretakan tulang pinggul.

Asupan ini yang sehat ini diperlukan untuk kepadatan tulang. Bahkan untuk menjaga gigi tetap sehat. Vitamin ini akan membentuk osteokalsin. Tugasnya untuk membentuk dan mengatur ukuran tulang. Sayangnya, tidak banyak yang mengetahui keistimewaan vitamin K.

Membantu Proses Pembekuan Darah

Potrombin merupakan salah satu bentuk protein. Zat ini memberi pengaruh besar terhadap proses pembekuan darah dan membentuk jaringan tulang. Sehingga saat terluka, darah segera membeku dan menutup luka. Kemudian kembali membentuk jaringan. Agar luka tersebut sembuh.

Kurangnya zat sejenis glikoprotein ini mengakibatkan luka lambat mengering. Jika terjadi luka dalam akan muncul memar. Sedangkan luka yang terbuka mengakibatkan pendarahan. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan vitamin K untuk menghasilkan potrombin.

Melindungi Kesehatan Jantung

Serangan jantung termasuk penyumbang angka kematian tertinggi. Penyakit ini bukan hanya menyerang orang lanjut usia. Anak muda pun bisa terkena penyakit mematikan. Bahkan bisa terjadi tiba-tiba tanpa gejala bila terlalu lelah.

Tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab fungsi jantung menurun. Terjadi pengendapan mineral di pembuluh darah. Sehingga membuat aliran darah tidak lancar. Jika diabaikan maka pasokan darah menjadi berkurang.

Untuk mencegah hal ini, vitamin K berperan penting. Bahkan tidak ada yang menduga kemampuan zat ini untuk jantung. Vitamin ini dapat menghalau pengendapan mineral. Darah dapat mengalir secara normal sehingga tekanan darah dapat berkurang.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Belum banyak yang tahu, vitamin K berkontribusi terhadap daya tahan tubuh. Vitamin ini memiliki sifat sebagai antioksidan. Sehingga dapat menangkal ancaman bakteri dan virus. Berkat kandungan antioksidan, tubuh dapat terhindar dari radikal bebas. Zat ini akan memperlambat kerusakan sel.

Kondisi ini dapat mempelancar sistem metabolisme. Sehingga jaringan dan organ berfungsi dengan baik. Kekebalan tubuh akan selalu terjaga dengan baik. Setiap ada partikel jahat, maka tubuh siap bertempur.

Klasifikasi Vitamin K yang Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sama seperti vitamin B complex, vitamin K juga beragam jenisnya. Dilihat dari sejarahnya, zat pembeku darah ini pertama kali ditemukan pada tahun 1920an. Terdapat tiga ragam vitamin K yang penting untuk kesehatan. Terutama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Vitamin K1

Sebutan lain untuk jenis ini adalah phylloquinone. Vitamin larut dalam lemak ini membantu kelancaran sistem metabolisme pada pembuluh darah. Berperan aktif dalam pembekuan darah. Sehingga cepat menutup dan menyembuhkan luka.

Saat bekerja, zat ini akan memperkuat protein khusus. Protein tersebut berkaitan erat dengan unsur kalsium. Kerjasama antar protein dan trombosit menghasilkan gumpalan saat tubuh mengalami cedera. Kandungan kalsiumnya bermanfaat untuk kepadatan tulang.

Rekomendasi Suplemen

Sumber vitamin K1 terdapat dalam makanan sehari-hari. Bahkan jenisnya cukup beragam. beberapa bahan alami tidak mencukupi kebutuhan tubuh sehingga memerlukan tambahan suplemen agar tetap seimbang.

Mepro K. Suplemen ini mengandung phytomenadione. Fungsi utamanya untuk mengakhiri pendarahan. Sehingga dibutuhkan dalam proses pembekuan darah. Cairan ini tergolong obat keras. Sering kali digunakan pada bayi baru lahir yang mengalami pendarahan. ukupi kebutuhan tubuh. Sehingga memerlukan tambahan suplemen.

Prohem. Obat ini diberikan dengan cara penyuntikkan. Masuk dalam kategori obat keras untuk mencegah pendarahan. Biasa digunakan pada proses operasi dan pembedahan. Suplemen ini diproduksi oleh Pratapa Nirmala.

Vitadion. Suplemen keras ini biasa digunakan pada proses pembekuan darah di bagian hati. Penggunaannya tidak boleh asal. Terlebih sering diterapkan untuk mengatasi pendarahan bayi yang baru lahir. Bentuknya berupa cairan.

Vitka Infant. Merek ini dikeluarkan oleh PT Phapros. Zat ini diperlukan untuk menangani pendarahan parah. Cara penggunaannya disuntikkan ke dalam tubuh.

Vitamin K Triple Play. Vitamin ini berbentuk kapsul. Kandungannya terdiri dari vitamin K1 dan vitamin K2 jenis MK4 dan MK7. Suplemen ini sudah mendapatkan sertifikat FDA cGMP. Harganya cukup mahal. Bisa dibeli secara online.

Vitamin K2

Struktur kimia zat gizi ini berbeda dengan vitamin K1. Nama lain senyawa ini adalah menaquinone. Zat ini juga terbagi menajdi beberapa jenis. Dengan melihat rantai sisi, dibedakan menjadi nomor MK-4 hingga MK-13.

Tugas pentingnya yaitu memelihara kepadatan tulang. Vitamin K2 menunjang kinerja protein pengikat kalsium. Protein ini dikenal dengan nama osteokalsi. Tugasnya mengikat unsur kalsium pada jaringan tulang. Sehingga kepadatan tulang menjadi normal.

Rekomendasi Suplemen

Manfaat vitamin K2 bisa didapatkan secara alami. Kandungan alami terdapat pada sumber makanan hewani. Zat ini juga didapatkan melalui fermentasi bakteri dalam usus manusia. Tambahan suplemen diperlukan bagi orang yang kekurangan vitamin ini.

Now Foods Vitamin K2. Suplemen berbentuk kapsul ini diproduksi oleh Now Foods. Khasiatnya membantu pembentukan tulang yang kuat dan sehat. Juga menjaga kesehatan arteri. Dirancang khusus, sehingga sesuai dengan orang vegetarian.

Vitamin Code Row K-Complex. Keistimewaan suplemen ini adalah diproduksi dengan teknologi. Vitamin diperoleh melalui pengekstrakan bacillus subtilis natto. Pengambilan sari-sarinya menggunakan suhu rendah dan fermentasi. Bukan hanya berguna sebagai suplemen, tapi juga makanan buatan bernutrisi.

Nature’s Way Osteo K Vitamin K2. Satu botol berisi 30 kapsul. Dengan kadar vitamin K2 sebanyak 180mcg. Suplemen ini diimpor dari Australia. Kandungan vitamin tinggi dapat mendukung pengikatan kalsium lebih optimal. Hanya boleh dikonsumsi oleh usia 18 tahun ke atas.

Nature’s Plus Source of Life Garden Vitamin K2. Vitamin tambahan ini terbuat dari bahan alami. Bahkan menjadi merek pertama yang mengantongi standar organik. Sehingga cukup aman dikonsumsi. Satu botolnya berisi 20 kapsul.

Vitamin K3

Nama lain vitamin ini adalah menadione. Zat penting ini sulit ditemukan pada sumber pangan alami. Sehingga dikenal dengan vitamin sintetis. Menariknya, vitamin K3 dapat diubah menjadi vitamin K2. Reaksi tersebut terjadi dalam tubuh manusia. Perubahan tersebut membutuhkan bantuan organ hati.

Vitamin ini bermanfaat untuk penderita kanker. Karena menadione bersifat antikanker. Bahkan cukup ampuh mematikan sel kanker yang berbahaya. Kinerjanya sangat efektif untuk penderita kanker payudara, usus besar, rektum dan payudara.

Hanya saja, penggunaan suplemen ini dapat berisiko. Terlebih lagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Sehingga memerlukan perhatian khusus untuk mengkonsumsinya. Maka dari itu, ragam vitamin K ini jarang menemui produk suplemennya di pasaran.

Meski melindungi organ-organ vital, ragam vitamin K memiliki dosis pemakaian tersendiri. Karena kebutuhan masing-masing orang tidak sama. Untuk itu, perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Dengan begitu, akan mendapatkan kepastian tentang keamanan. Sehingga tidak menimbulkan masalah lain.

Demikian ulasan Ragam Vitamin K yang Berperan Menjaga Kekebalan Tubuh. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *