Protokol Kesehatan Covid-19 Kemenkes Bagi Masyarakat Indonesia

Kementrian Kesehatan telah menerbitkan panduan protokol kesehatan Covid-19 Kemenkes. Panduan tersebut dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19. Masyarakat memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan. Pemerintah juga memiliki kewajiban agar masyarakat dapat mematuhi peraturan yang diterapkan guna menanggulangi pandemi. Protokol Kesehatan Covid-19 Kemenkes Bagi Masyarakat Indonesia.

Cek Protokol Kesehatan Covid-19 Kemenkes

Protokol kesehatan Covid-19 bertujuan untuk meningkatan upaya pencegahan dan pengendalian Covid di tempat dan fasilitas umum. Prokes bagi masyarakat ini harus dilaksanakan agar tidak terjadi klaster baru. Berikut beberapa poin protokol kesehatan Covid-19 Kemenkes:

Perlindungan Kesehatan untuk Individu

Guna mencegah penularan Covid-19 yang umumnya terjadi lewat droplet maka masyarakat perlu menggunakan masker. Sebaiknya menggunakan masker medis atau jika masker kain maka yang tiga lapis.

Individu juga perlu menjaga jarak dengan orang lain. Setiap orang juga perlu menghindari kerumunan dan keramaian. Selain itu, individu perlu untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS.

Perlindungan Kesehatan Masyarakat

Perlindungan kesehatan masyarakat menjadi upaya yang dilakukan secara bersama. Ini terdiri dari tiga unsur, yaitu:

Unsur Pencegahan
Pencegahan bisa berupa kegiatan promosi kesehatan berupa edukasi pada masyarakat. Penyediaan sarana cuci tangan juga menjadi upaya perlindungan bagi masyarakat.

Unsur Penemuan Kasus
Pemerintah memfasilitasi deteksi dini untuk mencegah penyebaran Covid. Di fasilitas umum juga ada pemantauan kondisi kesehatan.

Unsur Penanganan Secara Tepat Dan Efektif
Dinas kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan melakukan penanganan dan pencegahan penyebaran. Penanganan bagi masyarakat yang sakit merujuk standar yang berlaku.

Protokol Kesehatan Di Fasilitas Umum

Protokol kesehatan di fasilitas dan tempat umum dilakukan dengan mengatur kegiatan masyarakat. Pemerintah memberikan himbauan dan instruksi secara berkala. Kegiatan di fasilitas umum seperti pasar misalnya perlu menerapkan jaga jarak.

Pengelola perlu menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun yang memadai. Tidak hanya itu, perlu juga melakukan pembersihan dan disiinfeksi di tempat dan sarana yang dipakai secara bersama.

Panduan protokol kesehatan Covid-19 Kemenkes secara rinci tertulis dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI. Masyarakat bisa dengan mudah mengunduh versi PDF di laman resmi Kemenkes.

Demikian info standart Protokol Kesehatan Covid-19 Kemenkes Bagi Masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *