Poin Khusus Cara Merawat Kucing Imut Persia

Poin Khusus Cara Merawat Kucing Imut Persia
(Foto: https://unsplash.com/photos/I9cHfDYLT3E)

Memelihara kucing di rumah bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Terlebih lagi hewan mamalia ini sangat jinak. Jenis kucing yang populer menjadi peliharaan adalah kucing Persia. Tapi, cara merawat kucing ini membutuhkan perlakuan khusus. Berikut ulasan Poin Khusus Cara Merawat Kucing Imut Persia.

Merawat Bulunya

Bulu yang lembut nan panjang menjadi ciri khas kucing ras Persia. Jika dirawat dengan benar, bulunya terlihat berkilau. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan harian. Karena kotoran dan simpul mudah menempel.

Untuk menyisir bulu kucing ini, boleh menggunakan sikat atau sisir khusus. Sisir yang digunakan harus memiliki kemampuan menembus bulu yang panjang. Lebih baik memilih sikat yang memiliki dua sisi. Bahan yang baik adalah logam.

Perawatan Area Wajah

Fitur wajah hewan yang populer ini cenderung datar. Dengan kondisi ini, pemilik perlu sedikit kerja keras untuk membersihkan. Pasalnya, matanya yang menonjol tidak dapat terlindungi dengan baik. Sehingga mudah terluka atau menyentuh kotoran. Bahkan sering mengeluarkan air mata lakrimal. Tentu cairan ini harus dibersihkan secara rutin.

Membersihkan hidung juga perlu dilakukan setiap hari. Paling tidak dilakukan pengecekan kebersihannya. Hidung hewan yang lucu ini mudah sekali tersumbat. Karena struktur hidung yang memang lebih pendek. Sehingga mudah terserang infeksi dan sulit bernapas.

Mensterilkan Kucing Persia

Masalah yang sering dikhawatirkan saat memelihara kucing adalah anakan. Dalam sekali melahirkan, kucing bisa langsung menghasilkan 4 hingga 6 anak. Bagi sebagian orang ini sangat merepotkan. Satu-satunya cara adalah mensterilkan atau dibuat mandul.

Ternyata, langkah ini termasuk dalam cara merawat kucing Persia. Alasannya bukan hanya karena banyak anakan. Tapi hewan lucu ini senang menandai wilayah dengan buang air kecil. Sedangkan bau urine luar biasa menyengat. Tentu bau kencing sangat mengganggu penghuni rumah.

Pemberian Pakan

Postur tubuh pendek, wajah datar dan hidung pendek membutuhkan teknik tersendiri saat makan. Sang pemilik perlu menempatkan pakan di mangkok yang pinggirannya rendah. Penting untuk tidak menggunakan wadah plastik. Karena dapat menjadi sarang penyakit bagi hewan ini.

Cara merawat kucing perlu memerlukan perlakuan khusus. Untuk mendapatkan hewan yang sehat perlu kesabaran dan jadwal yang konsisten. Lebih baik lagi jika mempelajari dahulu sebelum memeliharanya.

Demikian ulasan Poin Khusus Cara Merawat Kucing Imut Persia. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *