Poin Perhatian tentang Cara Merawat Lovebird di Rumah

Burung lovebird merupakan jenis hewan peliharaan yang populer. Terutama bagi orang yang gemar memelihara burung. Hewan yang berasal dari Afrika ini bahkan menjadi tren. Banyak yang ingin memilikinya sebagai peliharaan rumah. Meski begitu, cara merawat lovebird tidak boleh asal. Perhatikan aspek penting yang sangat berpengaruh terhadap kehidupannya. Berikut Poin Perhatian tentang Cara Merawat Lovebird di Rumah

Poin Perhatian tentang Cara Merawat Lovebird di Rumah
Sumber foto: https://pixabay.com/id/photos/kakatua-burung-lovebird-ara-bulu-4067381/

Sangkar Burung

Meski terlihat kecil, lovebird butuh ruang yang cukup besar. Karena perangainya yang ceria dan lincah. Sangkar berukuran besar membantu mengekspresikan gerak. Dimensi sangkar yang baik sebesar 2 hingga 2,5 kaki tiap satu ekor.

Ada dua macam sangkar yang sesuai untuk lovebird. Pecinta burung bisa memilih sangkar kotak atau silinder. Ukuran panjang, lebar sangkar kotak setidaknya 25×35 cm. Sedangkan sangkar silinder paling tidak berdiameter 30 cm. Keduanya dibuat dengan tinggi 40 cm.

Jenis Pakan

Pakan untuk lovebird sebenarnya tidak sulit. Karena pada dasarnya, hewan ini pemakan biji-bijian. Campuran biji-bijian bermanfaat untuk nutrisi tubuh. Sehingga kesehatan lovebird terjaga dengan baik. Burung yang aktif ini juga menyukai sayur dan buah. Hanya saja, hindari memberikan makanan olahan, lemon dan bawang.

Pemberian pakan dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari. Sedangkan untuk porsi makannya disesuaikan dengan umur burung. Di usia muda, burung ini memerlukan porsi makan yang banyak. Sedangkan yang dewasa cukup makan sekali sehari.   

Pembersihan

Merawat hewan peliharaan, tentu perlu dibersihkan. Pembersihan terdiri dari memandikan burung dan membersihkan sangkar. Memandikan lovebird bisa menggunakan cara yang mudah. Semprotkan air bersih pada lovebird tanpa memindahkannya dari sangkar. Perlu hati-hati karena burung yang tak biasa akan kaget.

Selanjutnya adalah membersihkan kandang. Sangkar perlu dibersihkan setiap hari. Agar tempat tinggal selalu bersih. Sehingga lovebird terhindar dari bakteri dan penyakit. Pembersihan sangkar dapat dilakukan saat burung dikeluarkan atau mandi.

Itulah beberapa Poin Perhatian tentang Cara Merawat Lovebird di Rumah. Pemakan biji-bijian ini bahkan bisa terampil memainkan suaranya. Tentu jika dirawat dengan benar. Patokan utamanya adalah menjaga burung tetap bugar dan sehat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *