Peran Jenis Vitamin B Complex dalam Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat vitamin B sangat diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini dapat menghasilkan energi. Selain itu juga dapat menunjang pertumbuhan sel-sel tubuh. Tentunya fungsi ini dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Berikut ulasan Peran Jenis Vitamin B Complex dalam Memperkuat Daya Tahan Tubuh.

Peran Jenis Vitamin B Complex dalam Memperkuat Daya Tahan Tubuh
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/vitamin-b-tablet-sukses-kaca-4308676/)

Zat yang berguna ini sebenarnya terdiri dari 8 jenis. Kumpulannya disebut dengan vitamin B complex. Hanya saja untuk menjaga daya tahan tubuh, cukup mengkonsumsi 4 jenis. Setiap nutrisinya memiliki peran tersendiri.

Peran Jenis Vitamin B Complex dalam Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Vitamin B1

Vitamin yang satu ini diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Bahasa lainnya adalah tiamin. Zat ini berperan dalam mengubah karbohidrat menjadi energi. Tiamin memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi saraf.

Tiamin biasa digunakan pada orang yang kekurangan vitamin B1. Penderita HIV/AIDS, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan kecanduan alkohol membutuhkan zat ini. Ini juga dipakai oleh orang yang menempuh operasi bariatrik dan penderita hemodialisis.

Efek Kekurangan Vitamin B1

Beri-beri merupakan penyakit yang berkaitan dengan malnutrisi. Dalam hal ini tubuh kekurangan vitamin B1. Pasalnya, penyakit ini didapati pada orang yang kurang gizi. Parahnya, beri-beri dapat menyerang manusia di segala usia. Tanpa penanganan tepat, akan berlanjut pada tahap serius. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Suplemen B1

Jika kebutuhan vitamin B1 dari makanan tidak cukup, bisa mengkonsumsi suplemen. Berikut ini contoh yang tersedia di pasaran.
o Neurobion. Suplemen vitamin ini mudah ditemukan pada apotek, minimarket dan gerai tertentu. Berbentuk tablet dan suntik. Bentuk yang sering terlihat adalah tablet. Tapi ada juga yang berupa suntik.

o Neurodex. Suplemen ini biasanya digunakan pada penderita yang kekurangan vitamin B1. Sehingga memerlukan resep dokter. Dalam satu strip berisi 10 tablet salut selaput. Obat ini hanya boleh digunakan oleh orang dewasa.

Vitamin B6

Memiliki nama lain dari piridoksin. Zat yang larut dalam air bertugas sebagai kofaktor. Sehingga membantu reaksi metabolisme asam amino. Asupan ini dibutuhkan juga pada proses deaminasi, dekarboksilasi dan transminasi. Saat terjadi reaksi enzimatis akan mengawasi pemisahan glukosa dari glikogen.

Zat ini juga berfungsi menjaga kesehatan sistem saraf dan kesehatan otak. Untuk orang yang aktif bergerak, asupan ini jangan sampai kurang. Karena vitamin B6 membantu tubuh menghasilkan energi.

Piridoksin berperan penting dalam kelancaran metabolisme tubuh. Vitamin ini memiliki kemampuan memecah protein. Produksi hemoglobin akan tersebar ke seluruh bagian tubuh. Sehingga kebutuhan oksigen tercukupi. Dengan begitu, sistem metabolisme berjalan lancar. Kinerja setiap organ tubuh semakin optimal.

Efek Kekurangan Vitamin B6

Jenis vitamin B6 sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tanpa vitamin ini maka penyerapan vitamin B12 tidak maksimal. Sehingga kinerja sistem metabolisme tubuh tidak optimal. Sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Pada gejala ringan kekurangan zat ini menimbulkan ruam pada kulit. Ruam terlihat berminyak atau bersisik. Bisa muncul bercak atau pembengkakan pada ruam tersebut. Ii terjadi karena kekurangan vitamin B6 untuk proses sinteis kolagen.

Vitamin ini juga erat dengan masalah suasana hati. Suasana hati bisa menjadi tidak stabil karena asupannya kurang. Mengkonsumsi vitamin B6 dapat meningkatkan asam gamma-aminobutric dan serotonin. Keduanya berfungsi untuk mengendalikan nyeri dan kecemasan.

Suplemen B6

Kekurangan vitamin B6 dapat menimbulkan gejala yang seiru. Sebelum itu terjadi, perlu memenuhi asupan. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi suplemen.

o Liconam-10. Suplemen untuk memenuhi kebutuhan B6 ini bisa digunakan oleh anak-anak hingga dewasa. Ini dibuat bukan hanya untuk suplemen makanan. Tapi juga mengatasi defesiensi vitamin B6. Dalam satu botol berisi 1000 kaplet.

Vitamin B9

Anggota vitamin B complex ini sudah akrab di telinga. Bahkan termasuk jenis yang sering diulas. Terkenal dengan istilah asam folat yang sangat berguna bagi tubuh. Zat ini berperan penting terhadap fungsi tubuh. Peran utamanya diperlukan saat terjadi pertumbuhan, pembelahan sel dan proses metabolisme senyawa protein.

Mulai dari janin hingga orang dewasa membutuhkan asam folat. Oleh karena itu sangat dibutuhkan oleh wanita hamil. Karena dapat melindungi ibu dan janin dari penyakit. Zat ini dapat menunjang produksi hemoglobin. Jika dikonsumsi secara tepat, dapat mencegah penyakit anemia.

Efek Kekurangan Vitamin B9

Kekurangan asam folat menimbulkan efek yang cukup serius. Karena zat ini sangat penting bagi tubuh. Pada janin, kekurangan vitamin B9 dapat menganggu perkembangan. Resiko bayi lahir prematur akan meningkat. Bayi bisa saja terlahir cacat. Karena zat ini penting dalam pembentukan sel.

Ibu hamil perlu asupan vitamin ini untuk menguatkan kandungan. Kurangnya vitamin ini dapat berisiko mengalami keguguran. Terlebih lagi pada trimester pertama. Resiko yang lebih besar terjadi saat persalinan. Karena sang ibu bisa terkena preeklampsia. Ini akan mengancam jiwa ibu dan bayinya.

Suplemen B6

Asupan asam folat mudah ditemui pada makanan. Sayangnya, pada kondisi tertentu orang membutuhkan lebih banyak asupan. Ini bisa dibantu dengan mengkonsumsi suplemen dengan tepat.

o Folavit. Ibu hamil dan menyusui akrab dengan merek ini. Karena sebagaian besar dokter menambahkan suplemen ini pada resep. Asam folat menjadi kandungan utamanya. Obat berbentuk tablet ini menjaga kebutuhan nutrisi saat hamil.

o Sangobion. Nama ini tentu tidak asing lagi di telinga. Produknya juga telah tersebar luas di apotek maupun minimarket. Suplemen ini juga mengandung zat besi. Sehingga bagus untuk masalah anemia atau kurang darah. Tersedia pula sangobion kids untuk dikonsumsi anak-anak.

Vitamin B12

Disebut juga dengan sebutan kobalamin. Zat ini termasuk istimewa. Karena dapat melaksanakan fugsi sendiri, maupun kolaborasi dengan vitamin B6 dan B9. Peran utamanya adalah mengubah karbohidrat menjadi energi. Dalam fungsi lain, juga berperan membentuk ketahanan tubuh manusia.

Pemenuhan vitamin ini dapat membentuk sel darah, jaringan dan protein. Oleh karena itu, kobalamin selalu ikut serta pada proses sistem metabolisme. Pengaruh besarnya terjadi saat terjasi regulasi dan sintesis DNA.

Asupan penting ini terdiri dari kumpulan senyawa. Mereka dapat terhubung melalui reaksi kimia. Uniknya, semua senyawa tersebut beridentitas sebagai vitamin. Vitamin B12 merupakan zat yang paling kompleks diantara 8 jenis vitamin B complex. Setiap senyawa mengandung kobal. Ini jarang didapatkan melalui proses biokimia. Sedangkan proses biosentesis struktur dasarnya hanya dikerjakan oleh bakteri. Dengan konversi bentuk selalu berbeda.

Efek Kekurangan Vitamin B12

Asupan vitamin B12 yang kurang membuat tubuh terasa lemah dan lelah. Sehingga tidak bersemangat melakukan aktivitas. Ini disebabkan oleh menurunnya kadar hemoglobin dalam tubuh. Akibatnya, pasokan oksigen berkurang.

Kondisi yang kurang ini membuat sistem saraf terganggu. Sistem gerak menjadi terganggu. Karena terjadi ketidakseimbangan koordinasi. Gejala ini umumnya sering menimpa lansia.

Suplemen B12

Meski dapat bekerja secara individu, orang membutuhkan tambahan suplemen vitamin B12. Tujuannya untuk memenuhi kadar yang diperlukan oleh tubuh. Berikut contoh suplemen terbaik:

o Blacmores Vitamin B12. Merek ini selalu muncul dalam daftar suplemen terbaik. Suplemen vitamin B12 mengandung banyak Cyanocobalamin. Sehingga dapat menutrisi tubuh dan melancarkan produksi hemoglobin. Dalam satu botol berisi 75 tablet. Harga yang cukup mahal sesuai dengan kualitasnya.

Pemenuhan vitamin B complex pada tubuh perlu diperhatikan. Karena zat ini terdiri dari beberapa jenis vitamin yang penting. Semua jenisnya berfungsi menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikian ulasan lengkap Peran Jenis Vitamin B Complex dalam Memperkuat Daya Tahan Tubuh. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *