Penyebab dan Cara Menghindari Stroke di Usia Muda

(Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/kantor-jam-tangan-tidak-berwajah-acara-4506109/)

Stroke bisa menyerang segala usia, bahkan pada remaja. Ada berbagai cara untuk menghindari stroke di usia muda. Secara umum, usia yang lebih tua lebih berisiko terkena stroke. Namun anak muda bisa menderita penyakit di otak karena kondisi kesehatan tertentu. Penyebab dan Cara Menghindari Stroke di Usia Muda sebagai berikut.

Penyebab Stroke di Usia Muda

Walau tak sebanyak orang tua, anak muda juga ada yang menderita penyakit ini. Ada beberapa penyebab datangnya penyakit ini di usia muda seperti kondisi kelainan pembuluh darah, terapi hormon, anemia karena kelainan genetik, dan lain-lain. Pada kondisi kesehatan yang tidak bisa dihindari maka perlu dilakukan pengobatan secara serius.

Penyebab munculnya di usia muda juga bisa karena kondisi hipertensi dan kolesterol tinggi. Anak muda yang obesitas cenderung berisiko untuk menderita kondisi tersebut. Oleh karena itu menghindari stroke di usia muda bisa dilakukan dengan menjaga pola hidup yang sehat.

Penyebab lain dari penyakit ini di usia muda yaitu trauma pada kepala dan gegar otak. Ini bisa terjadi karena kecelakaan. Orang yang menderita trauma atau gegar otak perlu mendapat perawatan serius sehingga tidak semakin parah.

Tips Menghindari Stroke Usia Muda

Menjaga kesehatan secara umum sangat disarankan untuk terhindari dari penyakit seperti stroke. Sejak dini, kebiasaan keluarga cukup berpengaruh untuk membentuk kesehatan seseorang. Berikut ini tips untuk menghindari stroke di usia muda:

Menjaga Berat Badan Agar Tak Berlebih

Sejak muda perlu untuk menjaga agar tidak mengalami obesitas. Asupan makanan yang sehat dan bergizi perlu sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Aktif Secara Fisik

Anak dan remaja perlu aktif secara fisik. Setiap hari sebaiknya anak-anak memiliki kegiatan yang menggunakan fisiknya, apakah itu berolahraga, bermain, atau membantu pekerjaan rumah.

Tidak Menggunakan Obat-Obatan Terlarang

Obat-obatan terlarang bisa menjadi penyebab penyakit di kemudian hari. Remaja perlu mendapatkan pengawasan agar tidak terjerumus dengan narkoba.

Tidak Merokok

Perokok aktif dan pasif berisiko menderita berbagai macam penyakit. Lingkungan yang sehat seperti bebas asap rokok dapat membantu anak muda untuk terhindar dari penyakit.

Tips menghindari stroke di usia muda tersebut akan membantu mengurangi risiko terkena penyakit. Meskipun ada beberapa kondisi khusus yang membuat seseorang terkena gejalanya, gaya hidup yang sehat tetap penting.

Demikian ulasan Penyebab dan Cara Menghindari Stroke di Usia Muda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *