Penyakit Kanker Apakah Menular? Benar Apa Hoaks?

(Foto: https://www.sehatq.com/)

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Kanker juga salah satu penyakit yang menyebabkan banyak orang meninggal dunia. Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang bertanya-tanya, Penyakit Kanker Apakah Menular? Benar Apa Hoaks?

Jadi, penyakit kanker apakah menular? Maka jawabannya adalah, bisa. Penyakit kanker memang bisa menular, tapi tidak semua kanker bisa menular. Beberapa jenis kanker seperti kanker darah, kanker getah bening, kanker mata dan beberapa jenis lain tidak menular. Hal ini karena kemunculan kanker ini disebabkan oleh adanya gangguan pertumbuhan sel. Dari pertumbuhan sel yang terganggu inilah akhirnya sel berubah menjadi sel kanker.

Jadi, bagi anda yang memiliki saudara, keluarga atau teman yang menderita kanker, tidak perlu khawatir untuk melakukan kontak dekat. Anda masih diperbolehkan untuk berdekatan, bersalaman, berbagi makanan, dan aktifitas lainnya dengan penderita kanker.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kanker memang dapat menular pada orang lain dengan dua cara. Apa sajakah itu?

Transplantasi Organ

Transplantasi organ di sini adalah transplantasi organ yang dilakukan oleh penderita kanker untuk orang lain. Namun, tentu saja hal ini jarang terjadi, karena biasanya sebelum melakukan transplantasi, seseorang tentunya akan dicek kesehatan organnya. Akan tetapi, penularan tetap bisa terjadi. Jika organ yang ditransplantasikan masih memiliki sel-sel kanker yang hidup.

Persalinan

Persalinan bagi pengidap kanker juga memiliki risiko pada kesehatan sang bayi. Namun kasus penularan seperti ini jarang terjadi. Hal ini karena baru ada satu studi yang menunjukkan adanya penularan sel kanker dari ibu hamil ke bayi yang dilahirkannya.

Meskipun kanker tidak menular, seperti halnya penularan penyakit flu. Akan tetapi, anda juga harus berhati-hati terhadap virus atau bakteri yang bisa meningkatkan risiko penularan kanker. Misalnya saja seperti infeksi HPV (Human Papillomavirus) yang bisa menyebabkan terjadinya kanker serviks.
Selain itu, ada juga virus hepatitis yang apabila tidak tertangani dengan baik, bisa meningkatkan risiko kanker hati. Oleh sebab itu, anda harus waspada dengan keberadaan virus-virus ini.

Itulah jawaban mengenai pertanyaan, penyakit kanker apakah menular? Jawabannya adalah bisa, namun peluangnya sangatlah kecil. Jadi, tidak perlu menjauhi para penderita kanker, karena aktifitas bersama tidak akan membuat kanker menular dengan mudah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *