Pentingnya Asupan Vitamin C dan D untuk Kekebalan Tubuh

Terjaganya sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan seseorang. Pasalnya, daya tahan tubuh yang baik dapat menangkal penyakit. Pentingnya Asupan Vitamin C dan D untuk Kekebalan Tubuh. Tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit ringan hingga berat. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, memerlukan asupan vitamin C dan D.

Tentang Vitamin C dan D

Demam vitamin C dan D kini sedang marak. Tidak lain karena dianjurkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Terlebih lagi sejak terjadinya pandemi yang menyerang imun tubuh. Jenis vitamin ini banyak diburu. Akan tetapi, vitamin seperti apa itu? Berikut pengertiannya.

(Foto: https://pixabay.com/id/photos)

Tentang Vitamin C

Vitamin ini merupakan zat antioksidan yang diperlukan tubuh. Vitamin ini kerap disebut sebagai antioksidan terbaik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Nama lainnya adalah asam askorbat.

Tubuh sangat memerlukan asupan gizi ini. Hanya saja, tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri. Agar terpenuhi maka perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat ini. Oleh karena itu, disebut sebagai vitamin esensial.

(Foto: https://pixabay.com/id/photos)

Tentang Vitamin D

Vitamin ini terkenal mudah diperoleh dari sinar matahari. Saat manusia berada di bawah sinar matahari, maka tubuh akan memproduksinya sendiri. Sehingga menjadi satu-satunya vitamin yang dibuat oleh tubuh.

Ternyata zat ini bukan vitamin belaka. Tapi, sudah dianggap sebagai bentuk prohormon. Karena dapat larut saat berada dalam lemak prohormon. Pengertian prohormon adalah senyawa yang dapat berubah menjadi hormon. Molekul hormon yang bercampur dalam darah akan berkomunikasi dengan sel lain.

Manfaat Vitamin C dan D Bagi Tubuh

Asupan vitamin C dan D sangat penting bagi tubuh. Karena keduanya terkenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga manusia dapat terhindar dari penyakit. Berikut manfaat terpenuhinya vitamin.

Melindungi Sel dari Kerusakan

Radikal bebas ada di mana saja. Molekul ini bisa berasal dari makanan, proses metabolisme, maupun polusi. Efeknya dapat merusakkan sel tubuh. Oleh karena itu, disebut dengan zat berbahaya atau molekul jahat. Karena memiliki sifat antioksidan, vitamin C dapat menangkal radikal bebas itu. Dan juga mengganti sel rusak menjadi sel baru.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Penyakit mudah sekali menyerang manusia berimun rendah. Lemahnya kekebalan tubuh bisa disebabkan banyak hal. Saat dalam kondisi lelah, imun menurun. Saat proses pemulihan dari penyakit, imun belum sepenuhnya membaik. Untuk membantu mengembalikan daya tahan dibutuhkan asupan vitamin C dan D.

Memelihara Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin C yang masuk dalam tubuh akan berubah menjadi kolagen. Zat kolagen berperan penting dalam regenerasi sel. Zat ini dapat membantu pembentukan protein. Tentunya ini sangat diperlukan oleh kulit. Sehingga mencegah penuaan dini. Rambut rontok pun berkurang karena zat ini.

Menunjang Kesehatan Tulang, Gigi, dan Otot

Tubuh membutuhkan kalsium. Untuk mendapatkan jumlah yang tepat, maka perlu asupan vitamin D. Karena vitamin ini akan membantu penyerapan kalsium. Salah satu jenis mineral ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang, gigi dan otot. Dengan kadar yang sesuai akan meredam risiko patah tulang.

Tubuh tidak mampu membuat hormon kalsitrol jika kekurangan vitamin D. Untuk mengatasi itu, maka tubuh mengambil kalsium dari tulang. Lama-lama tulang bisa keropos dan lemah. Sehingga menyebabkan penyakit osteoporosis.

Mengurangi Resiko Penyakit Berat

Terpenuhinya vitamin C dan D dapat mengurangi resiko penyakit berat. Vitamin C dapat menjaga kesehatan jantung. Sistem metabolisme yang baik akan melancarkan peredaran darah. Sehingga terhindar dari stroke dan penyakit jantung. Sedangkan vitamin D dipercaya dapat mencegah kanker. Karena memiliki sifat anti karsinogenik.

Mengontrol Kalsium dalam Tubuh

Menjaga atau mengontrol jumlah kalsium dalam tubuh menjadi fungsi umum vitamin D. Zat prohormon ini akan meningkatkan absorbsi kalsium. Penyerapan ini terjadi pada usus halus.

Rekomendasi Vitamin C dan Vitamin D di Pasaran

Kebutuhan vitamin di dalam tubuh bisa didapatkan secara alami, yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Sayangnya, pada kondisi tertentu nutrisi dari makanan saja belum cukup. Tubuh membutuhkan tambahan asupan vitamin C dan D dari suplemen.

Berikut daftar produk vitamin yang direkomendasikan.

Blackmores Vitamin C 500

Suplemen ini baik untuk membantu proses pemulihan dari sakit. Kandungan vitamin C sebanyak 500 mg. Selain itu dapat bertindak sebagai antioksidan. Sehingga dapat membantu perbaikan sel-sel yang rusak.

Jika ingin mengkonsumsi vitamin C yang aman buat lambung, ini pilihannya. Suplemen yang berasal dari Australia ini mengandung bahan alami. Terdapat rosehips, acerola, dan ekstrak citrus bioflavonoid. Dosis vitamin C dalam satu tablet sebesar 1.000 mg.

Blackmores Vitamin D3

Vitamin dari Blackmores ini memilki dosis 1.000 IU. Dosis ini lebih tinggi dibandingkan yang lain. Dengan ini kebutuhan vitamin D dapat terpenuhi. Terlebih lagi pada orang yang memerlukan asupan vitamin D lebih banyak. Biasanya dikonsumsi oleh ibu hamil, lansia dan penderita autoimun.

D3-1.000

Suplemen vitamin D ini mengandung 1.000 IU. Biasanya, vitamin dosis tinggi diperuntukkan pada kondisi tertentu. Dengan kata lain seseorang memiliki riwayat penyakit bisa saja memerlukan ini. Sehingga perlu vitamin D lebih banyak daripada orang normal. Misalnya, pasien diabetes mellitus dan penderita infeksi. Cocok juga dikonsumsi oleh lansia dan ibu hamil.

Holisticare Ester C Tablet

Holisticare Ester C tablet ini merupakan bentuk lain dari effervescent. Sehingga bisa dikonsumsi seperti minum obat. Tidak perlu dilarutkan dalam air. Suplemen ramah lambung ini mengandung vitamin C sebanyak 250 mg.

Mega We Care Calcium D

Ada lagi produk yang memiliki manfaat ganda. Seperti namanya, suplemen ini tidak hanya mengandung vitamin D. Terdapat kalsium yang berguna menjaga kesehatan tulang dan gigi sehingga dapat mencegah pengeroposan tulang lebih awal.

Dosis vitamin D3-nya sangat ringan, yaitu 200 IU. Sedangkan kandungan mineral kalsiumnya sebanyak 600 mg. Dengan kalsium karbonat sebesar 1.500 mg. Suplemen ini bisa dikonsumsi setiap hari sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Redoxon Triple Action

Vitamin C ini memiliki dosis tinggi, yaitu 1.000 mg. Bentuknya effervescent. Sehingga perlu dilarutkan ke dalam segelas air putih. Suplemen ini juga mengandung zinc untuk mengatur daya tahan tubuh, termasuk vitamin C yang aman dilambung.

Sunkist Calcium+Vitamin D

Suplemen untuk melengkapi kebutuhan vitamin ini sebanyak 400 IU. Ini merupakan vitamin D3 yang bisa dikonsumsi setiap hari. Buka hanya vitamin D, produk ini juga mengandung kalsium. Sehingga akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Vitalong C

Salah satu produk lokal yang dapat dibeli di apotek. Hanya saja merk ini masih sedikit peminatnya. Dengan teknologi time release, membuat vitamin terserap maksimal di dalam tubuh. Aman dikonsumsi oleh pasien diabetes karena bebas gula.

Menutrisi tubuh dengan asupan vitamin C dan D akan menjaga kekebalan tubuh. Diperbolehkan mengkonsumsi suplemen sebagai tambahan. Asal, disesuaikan dengan kebutuhan. Karena terlalu berlebihan dapat menimbulkan hipervitaminosis. Bukannya sehat, tubuh akan mengalami keracunan.

Demikian artikel dengan judul Pentingnya Asupan Vitamin C dan D untuk Kekebalan Tubuh. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *