Penasaran Tabung Oksigen Besar Tahan Berapa Lama Sih?

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/gudang-oksigen-tabung-perbekalan-83206/)

Peningkatan kasus positif Covid-19 berimbas pada meningkatnya permintaan tabung oksigen. Mulai dari rumah sakit rujukan Covid-19 sampai dengan masyarakat umum turut mencari pasokan tabung oksigen. Lantas, untuk tabung oksigen besar tahan berapa lama?

Namun, sebelum menjawab pertanyaan tersebut ada baiknya kita mengetahui manfaat dari tabung oksigen yang membuatnya menjadi barang paling dicari saat ini.

Manfaat Besar Tabung Oksigen

Tabung oksigen sebagaimana namanya tabung ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan oksigen. Umumnya, alat ini digunakan pada fasilitas kesehatan seperti klinik dan rumah sakit. Tetapi karena tingginya kasus Covid-19 membuat pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri pun turut menggunakannya.

Kegunaan utama dari alat bantu pernapasan ini adalah memberikan oksigen tambahan bagi pasien yang mengalami sesak napas atau kesulitan ketika bernapas. Karena fungsinya yang begitu vital bagi pernapasan, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan tenaga medis sebelum menggunakannya.

Berkaitan dengan tabung oksigen besar tahan berapa lama? Tentu jawabannya dapat bervariasi bergantung pada porsi pemakaiannya dan bukaan regulator yang digunakan.

Estimasi Penggunaan Tabung Oksigen

Tabung oksigen memiliki ukuran yang variatif, mulai dari ¼ m3 sampai dengan 6 m3. Demikian juga dengan berat dari isi tabung pun beragam sesuai dengan ukuran tabung oksigen yang digunakan. Beratnya mulai dari 2,5 kg hingga 60 kg.

Tabung oksigen biasanya dilengkapi dengan regulator oksigen yang bermanfaat mengontrol tekanan yang keluar dari tabung. Alat ini umumnya dilengkapi pula dengan flowmeter. Untuk keperluan medis, regulator disarankan mengeluarkan oksigen sebanyak 15 liter per menit.

Sebagai contoh, pada tabung ukuran 1 m3 dengan berat 10 kg dengan bukaan regulator berada pada angka 2 , dapat digunakan maksimum 4 jam. Sementara itu, pada tabung ukuran 6 m3 dengan berat 60 kg dengan dengan bukaan regulator berada pada angka 2, dapat digunakan maksimum 24 jam.

Sekarang tentu Anda sudah dapat menjawab tabung oksigen besar tahan berapa lama? Jangan lupa, selalu berkonsultasi dengan tenaga medis agar pemakaiannya tetap aman.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *