Panduan Pola Hidup Sehat Menurut WHO. Disimak Yuk!

Panduan Pola Hidup Sehat Menurut WHO. Disimak Yuk!
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/rokok-bukan-perokok-tangan-2383191/)

WHO yang merupakan organisasi kesehatan dunia merilis Healthy Living yang berisi panduan soal gaya hidup sehat. Pola hidup sehat menurut WHO merupakan cara hidup yang dapat menurunkan risiko penyakit serius dan kematian lebih awal. Orang yang menerapkan gaya hidup sehat ini perlu melakukan perilaku yang dapat mendukung kesehatan tubuhnya. Kesehatan sendiri tidak hanya menghindari penyakit, namun berkaitan juga dengan mental dan kehidupan sosial. Berikut ini Panduan Pola Hidup Sehat Menurut WHO. Disimak Yuk!

Orang yang hidup sehat bisa mendapatkan banyak manfaat seperti awet muda dan memiliki fisik yang bugar. Pola hidup sehat menurut WHO dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut ini.

Melakukan Aktivitas Fisik

Berapapun umur seseorang, aktivitas fisik berperan penting dalam kesehatan. Tak hanya olahragawan, semua orang perlu menjaga tubuh mereka dengan baik agar tetap sehat. Tiga komponen fisik yang bugar antara lain stamina, kekuatan, dan fleksibilitas.

Aktivitas fisik dapat menstimulasi tubuh untuk memperbaiki sistemnya sendiri. Seseorang yang tetap sibuk akan membantu tulang, sendi, otot, dan jantung tetap bekerja dengan baik. Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan setiap hari. Berjalan kaki dan jogging bisa jadi pilihan untuk olahraga ringan.

Makan Sehat

Penting untuk menikmati makanan yang dimakan, dan itu tetap bisa dengan makanan yang sehat. Makan sehat tak membutuhkan biaya mahal. Ada banyak jenis makanan yang menggunakan sayur. Protein berupa tahu, tempe, telur, dan ikan pun cukup terjangkau.

Menjadi sehat berarti apa yang Anda makan, maka perlu memilih makanan yang tepat. Diet seimbang dan sehat bisa mengikuti panduan sistem Piramida Makanan.

Menghindari Rokok dan Alkohol

Pola hidup sehat menurut WHO juga menyinggung soal tembakau dan alkohol. Merokok merupakan faktor penyebab berbagai jenis penyakit. Penyakit yang berhubungan dengan tembakau bisa berupa penyakit menahun dan disabilitas.

Meminum alkohol dalam jumlah terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan. Ini dapat meningkatkan tekanan darah, meningkatkan risiko stroke, gangguan emosional, kanker, dan lain-lain.

Itulah beberapa panduan pola sehat menurut WHO. Setiap orang perlu menjaga kesehatannya masing-masing. Dukungan keluarga dan lingkungan sekitar juga penting agar kebiasaan sehat tersebut dapat terus dilakukan.

Demikian Panduan Pola Hidup Sehat Menurut WHO. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *