Manfaat Game Online untuk Asah Otak Membawa Dampak Positif

Manfaat Game Online untuk Asah Otak Membawa Dampak Positif
(Foto: https://unsplash.com/photos/JHKrEcjXSi8)

Jika menyebut kata ‘Game Online’ pasti terbesit anggapan negatif. Banyak orang tua mencemaskan hal ini. Alasannya, menjadikan anak semakin malas. Tak dapat dipungkiri, berlebihan bermain game memang bikin kecanduan. Hanya manfaat game online untuk asah otak yang positif. Berikut Manfaat Game Online untuk Asah Otak Membawa Dampak Positif.

Melatih Kemampuan Problem Solver

Setiap game online dirancang berbeda, meski mirip. Masing-masing memberi tantangan yang berbeda pula. Ada misi yang harus dilaksanakan agar menjadi pemenang. Para pemain harus menaklukkan tantangan tiap level. Semakin tinggi levelnya, maka semakin terjal jalannya.

Masalah-masalah tersebut harus diselesaikan. Sehingga membutuhkan pemikiran tajam dan fokus. Terkadang memerlukan trik khusus untuk menaklukkan misi. Dengan demikian, pemain berlatih menjadi problem solver. Perilaku ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melatih Daya Ingat

Beberapa jenis permainan online memerlukan konsentrasi dan logika. Ini diperlukan dalam meningkatkan daya ingat. Otak akan terbiasa dengan mengingat karena pemain yang harus fokus agar meraih kemenangan.

Mengembangkan Otak Kanan

Manusia diberi kelebihan dengan otak kiri dan kanan. Keduanya memiliki tugas yang berbeda. Otak kanan erat hubungannya dengan hal yang berau seni. Kemampuan yang sering dikaitkan dengan otak ini, antara lain imajinasi, musik, warna, membaca, intuisi, mengenali wajah dan emosi orang lain.

Maka dari itu, otak sebelah kanan sering kaitkan dengan kemampuan visual. Permainan online dapat membantu meningkatkan daya tangkap visual. Sehingga dapat melihat segala sesuatu dari sudut yang lebih luas.

Meningkatkan Kreatifitas

Game online yang dimanfaatkan dengan baik dapat mendorong imajinasi. Sehingga akan terpikir sesuatu yang baru. Ini akan menjadikan anak semakin kreatif. Karena terbiasa melihat bentuk, warna dan gerakan pada permainan. Munculnya kreatifitas juga tak lepas dari kemampuan otak kanan.

Segala sesuatu memiliki dua sisi, positif dan negatif. Ini juga berlaku pada game online. Manfaat game online untuk asah otak akan terasa jika digunakan secara tepat. Ketepatan yang dimaksud, antara lain tepat waktu dan penggunaan. Sehingga anak-anak tidak mengalami kecanduan. Sebagai orang tua juga harus mendampingi anak agar tetap terarah.

Demikian Manfaat Game Online untuk Asah Otak Membawa Dampak Positif. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *