Langkah Pencegahan Covid di Tempat Kerja dalam Ruangan

Di masa pandemi ini semua aktivitas diharuskan untuk mengikuti protokol kesehatan. Ada perusahaan yang kemudian menerapkan work from home. Namun ada juga yang masih memerlukan karyawan yang bekerja di kantor. Langkah Pencegahan Covid di Tempat Kerja dalam Ruangan ini perlu diterapkan untuk mencegah penularan atau klaster baru.

Langkah Pencegahan Covid di Tempat Kerja dalam Ruangan
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/covid-19-masker-jarak-fisik-5628856/)

Kantor atau tempat kerja yang dimiliki setiap perusahaan tentu berbeda-beda. Ada yang fasilitasnya mendukung untuk pencegahan Covid, dan ada juga yang perlu diperbaiki. Berikut ini beberapa langkah pencegahan Covid di tempat kerja atau kantor. Berikut Langkah Pencegahan Covid di Tempat Kerja dalam Ruangan.

Memastikan Ventilasi Memadai

Kantor perlu memastikan ventilasi ruangan di tempat kerja yang dipakai memadai. Ventilasi alami yaitu seperti membuka jendela dan pintu. Untuk sistem mekanik, tingkatkan persentase udara luar ruangan dan suplai aliran udara.

Physical Distancing

Ruangan kerja perlu menerapkan jaga jarak atau physical distancing. Perusahaan perlu mengikuti kebijakan pemerintah soal jumlah karyawan yang bisa bekerja di kantor. Perlu meminimalkan interaksi fisik antar karyawan saat bekerja.

Kebersihan Tangan

Perusahaan menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun yang memadai. Pimpinan perlu mengingatkan agar karyawan rutin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas.

Alat Pelindung Diri Berupa Masker

Pekerja yang bekerja di kantor harus selalu menggunakan masker yang memenuhi standar. Masker medis tiga lapis atau masker kain yang berlapis menjadi syarat wajib bagi pekerja yang datang ke kantor.

Screening Rutin pada Pekerja

Perusahaan perlu melakukan screening rutin bagi karyawan yang bekerja di kantor. Ini dapat berupa tes antigen atau PCR gratis bagi karyawan. Pekerja yang bergejala sudah seharusnya tidak bekerja di kantor. Pekerja yang terkonfirmasi positif juga harus melakukan isolasi apakah itu di rumah atau fasilitas kesehatan yang tersedia.

Vaksinasi Bagi Karyawan

Langkah pencegahan Covid di tempat kerja dapat berupa vaksinasi. Perusahaan bisa bekerja sama dengan pemerintah atau layanan kesehatan untuk proses vaksinasi bagi karyawan. Vaksinasi untuk karyawan secara gratis oleh perusahaan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi.

Setiap perusahaan perlu menerapkan langkah pencegahan Covid di tempat kerja. Perusahaan juga harus terus mengikuti dan melaksanakan kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk membantu penanggulangan pandemi.

Demikian Langkah Pencegahan Covid di Tempat Kerja dalam Ruangan. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *