Ketahui 3 Cara Pencegahan Kanker Serviks

Ketahui 3 Cara Pencegahan Kanker Serviks
(Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-muda-jendela-tidak-sehat-6984604/)

Kanker merupakan penyakit penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu jenis kanker yang berakibat fatal bagi wanita adalah kanker serviks. Sehingga mengetahui tentang penyakit kanker serviks dan cara pencegahannya sejak dini penting dilakukan. Ketahui 3 Cara Pencegahan Kanker Serviks.

Apa itu Kanker Serviks?

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang rentan diderita oleh wanita, khususnya yang berumur 30 sampai dengan 45 tahun. Jenis kanker ini menyerang leher rahim yang memicu kondisi abnormal pada sel-sel leher rahim, yang dapat menyebabkan kanker.

Jenis kanker ini sebagian besar diakibatkan oleh infeksi virus HPV (human papillomavirus), yang penularannya dapat melalui hubungan seksual. Sebelum seseorang divonis terkena kanker, dia akan mengalami fase prakanker.

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk perkembangannya pun relatif lama, yaitu sekitar 10 tahun atau lebih. Pendekteksian penyakit ini lebih awal, terutama pada fase prakanker memberikan peluang kesembuhan yang lebih besar. Oleh karena itu, mengenal penyakit kanker serviks dan cara pencegahannya merupakan langkah awal untuk menghindarinya.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk pencegahan risiko kanker serviks.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Konsumsi makanan bergizi dan menjalani pola hidup sehat dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker serviks. Salah satunya adalah tidak merokok. Menurut National Health Service UK, kebiasaan merokok dapat menjadi salah satu faktor pemicu kanker serviks. Karena wanita perokok lebih rentan terkena kanker ini dibandingkan yang tidak. Selain itu, setia terhadap pasangan yang sah juga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit mematikan ini.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala

Menurut Center for Disease Control and Prevention, terdapat dua jenis pemeriksaan kesehatan yang dapat dilakukan untuk mendeteksi penyakit ini, yaitu pemeriksaan HPV dan pap smear.

Vaksinasi HPV

Vaksinasi HPV dapat Anda lakukan sebagai salah satu cara untuk mencegah risiko penyakit ini.

Demikianlah ulasan mengenai penyakit kanker serviks dan cara pencegahannya. Semoga dapat membantu Anda mencegah dan mendeteksinya sedari awal. Salam sehat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *