Kenali Gejala Varian Delta pada Anak Agar Selalu Waspada

Gejala varian Delta pada anak sama halnya dengan gejala varian Delta pada orang dewasa, yaitu demam, pilek, muntah, pusing, diare, hingga sesak nafas.
(Foto: https://unsplash.com/photos/ebiDpT4pYdw)

Varian Delta mulai berkembang di Indonesia, dan jenis varian ini sangat mudah menular pada anak-anak. Covid-19 varian Delta memang mempunyai kemampuan yang lebih kuat sehingga anak-anak harus selalu dipantau. Orang tua pun perlu mewaspadai gejala varian Delta pada anak. Kenali Gejala Varian Delta pada Anak Agar Selalu Waspada.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan data paparan Covid-19 pada anak saat ini sudah mencapai 12,5%, yang artinya 1 dari 8 kasus positif Covid-19 adalah anak-anak, dan yang meninggal mencapai 3-5%.

Hal ini tentu sangatlah mengkhawatirkan, oleh karena itu, orang tua harus waspada apabila melihat gejala varian Delta pada anak. Apa saja gejalanya?

Gejala varian Delta pada anak sama halnya dengan gejala varian Delta pada orang dewasa, yaitu demam, pilek, muntah, pusing, diare, hingga sesak nafas.

Selain itu, sebagin anak yang terinfeksi varian Delta juga akan mengalami gejala mata merah, tidak nafsu makan dan minum, mata cekung, serta terjadi penurunan kesadaran.

Lalu, Apa yang harus Dilakukan?

Anak-anak yang mengalami kondisi ini, perlu diperiksakan ke dokter atau bisa juga langsung dilakukan test antigen/PCR pada anak. Apabila tidak memungkinkan pergi ke dokter, bisa dengan konsultasi dengan dokter online untuk mendapatkan penanganan dan resep.

Sediakan termometer dan oxymeter di rumah untuk memantau suhu dan saturasi oksigen anak. Jangan pula memberikan sembarangan obat pada anak, apalagi dosis obat untuk anak harus disesuaikan dengan barat badan si kecil.

Selain itu, lakukan isolasi pada anak dan jangan izinkan anak untuk bermain ke luar rumah. Berikan makanan yang bergizi serta perbanyak minum air putih, apabila anak masih bayi, lakukan pemberian ASI terus menerus. Apabila kondisi anak membaik, dan tidak melakukan swab ulang, maka bisa menambah durasi isolasi 10+3 hari hingga gejala menghilang.

Pencegahannya

Apabila tak ingin anak terpapar Covid-19, terlebih varian Delta. Maka orang tua juga harus sigap untuk memberikan edukasi pada anak untuk selalu mematuhi 5M.

Itulah gejala varian Delta pada anak yang wajib diketahui oleh para orang tua. Selain itu, jangan juga mengajak anak ke tempat ramai lebih dulu seperti mall, pasar, atau tempat wisata, lebih baik perbanyak aktifitas menyenangkan di rumah bersama keluarga.

Demikian artikel Kenali Gejala Varian Delta pada Anak Agar Selalu Waspada. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *