Keistimewaan Vitamin A dan E yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan virus. Proses ini disebut dengan sistem imunitas. Biasa disebut dengan kekebalan tubuh. Daya tahan tubuh semakin kuat jika sistem imunitas kuat. Keistimewaan Vitamin A dan E yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh perlu anda ketahui. Baca artikel ini sampai selesai. 🙂

Keistimewaan Vitamin A dan E yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/alpukat-monounsaturated-lemak-2133723/)

Tapi saat daya tahan tubuh lemah, penyakit mudah datang. Pintu masuk bagi virus akan terbuka. Oleh karena itu, perlu tambahan vitamin untuk mengembalikan imun. Vitamin yang diperlukan, antara lain vitamin A dan E. Keistimewaan vitamin A dan E sudah tidak diragukan lagi.

Fungsi Vitamin A dan E Bagi Kesehatan

Ada berbagai jenis vitamin yang perlu dikonsumsi manusia. Vitamin A dan E merupakan asupan penting untuk tubuh. Keduanya merupakan zat yang larut dalam lemak. Dengan kata lain, zat tersebut diserap oleh lemak tubuh. Bagian yang berperan dalam penyerapan adalah usus. Kemudian sel-sel pada usus akan mengedarkan ke seluruh tubuh.

Siapa yang menyangka, vitamin A merupakan penemuan pertama. Dinamakan demikian karena menyesuaikan urutan alphabet. Keberadaan vitamin E dapat melengkapi kebutuhan vitamin dalam tubuh. Baik vitamin A dan E memiliki fungsi penting pada manusia.

Vitamin A

Kecukupan vitamin ini dapat menunjang kesehatan tubuh. Kelompok vitamin ini dipisahkan menjadi retinol, retinil palmitat, dan retinil asetat. Sayangnya, retinol menjadi rujukan. Karena jenis senyawa ini memiliki paling banyak peran. Terutama untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut ini fungsi vitamin A:

Menjaga Fungsi Penglihatan

Vitamin ini mampu menjaga fungsi penglihatan. Hal ini sudah dikenal banyak orang. Bahkan menjadi penekanan penting, jika menyangkut kesehatan mata.
Zat ini bertugas mengubah cahaya yang tertangkap mata menjadi impuls listrik ke otak. Untuk membentuk fotoreseptor rhodopsin, Memerlukan sifat antioksidan dari vitamin A.

Menguatkan Sistem Imunitas

Keistimewaan fungsi zat berguna ini dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga membantu tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Terutama yang berasal dari radikal bebas. Vitamin ini berperan untuk membentuk sel-sel imun. Nantinya tubuh memiliki antibodi.

Mengoptimalkan Produksi Hemoglobin

Untuk memproduksi hemoglobin, tubuh memerlukan vitamin A. Ini berarti pemenuhan zink saja tidaklah cukup. Senyawa retinol mengandung beta karoten. Sehingga zat besi akan mudah diserap tubuh. Ini mendorong zat besi aktif membentuk sel-sel darah merah.

Melindungi Kesehatan Reproduksi

Agar dapat berfungsi optimal, organ reproduksi butuh nutrisi. Salah satunya berasal dari vitamin A. Ini berperan penting dalam perkembangan sel telur dan sperma. Dengan asupan yang cukup, dapat mencegah penyakit yang menyerang reproduksi.

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Pertumbuhan dan perkembangan janin haruslah optimal. Untuk itu, ibu hamil memerlukan vitamin A sebagai nutrisi. Vitamin ini akan mendorong perkembangan embrio dalam kandungan. Sehingga dapat mencegah terjadinya fungsi organ janin.

Mengobati Jerawat

Para wanita pasti kesal kala jerawat datang. Ternyata, masalah ini dapat diatasi dengan vitamin A. Antioksidannya mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Zat yang larut dalam lemak ini akan menurunkan penyumbatan jerawat. Karena dapat menjaga kestabilan keratin.

Menjaga Kesehatan Tulang

Selama ini orang hanya tahu vitamin D bermanfaat untuk kesehatan tulang. Pasalnya, vitamin A juga memiliki fungsi yang sama. Dengan dosis yang tepat, zat retinol ini dapat mengobati masalah kesehatan tulang. Bahkan yang cukup parah.

Vitamin E

Jenis vitamin ini terbilang unik. Penemunya bernama Dr. H.M Evans yang berasal dari California. Saat itu, vitamin ini terkenal sebagai anti kemandulan. Vitamin ini termasuk dalam gizi mikro. Sehingga cukup dibutuhkan dalam takaran sedikit. Di era modern, zat ini terkenal di dunia kecantikan. Tapi, ada manfaat lain yang berguna untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika alfa tokoferol dapat menyehatkan kulit. Sebagai bagian terluar, kulit bersentuhan langsung dengan dunia luar. Sehingga sangat mudah ditempeli radikal bebas. Mengkonsumsi vitamin ini dapat melindungi kulit dari bakteri.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Virus yang menyebar bisa menimbulkan penyakit. Vitamin E hadir sebagai nutrisi yang kaya antioksidan. Sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Gabungan oksigen dapat menghancurkan radikal bebas.

Menunjang Kesehatan Fungsi Saraf

Vitamin ini dapat menghambat perilaku agresif pada trombosit. Trombosit ini selalu mengalir dalam darah. Perilaku yang tidak biasa ini berkaitan dengan fungsi dan aktivitas saraf. Kecukupan vitamin E akan meningkatkan kesehatan saraf manusia.

Menyeimbangkan Hormon

Cukup banyak masalah yang ditimbulkan karena kurang asupan vitamin E. Terutama keluhan ketidakseimbangan hormon. Hal ini sering terjadi pada wanita. Perlu diketahui, vitamin ini dapat menyeimbangkan kerja hormon. Karena sistem endokrin dapat bekerja dengan stabil.

Sumber Asupan yang Mengandung Vitamin A dan E

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. Maka dari itu, perlu bantuan dari luar tubuh. Yaitu, mengkonsumsi asupan yang mengandung vitamin A dan E. Suplemen dan sumber makanan dari alam akan membantu kecukupan gizi.

Suplemen Vitamin

Ada beberapa asupan suplemen yang biasanya diperlukan saat tubuh membutuhkan vitamin tambahan. Bisa jadi, ini menjadi pendongkrak daya tahan tubuh. Penyebabnya karena kurang vitamin dari asupan makanan.

Suplemen vitamin A dan E ini merupakan zat aditif. Tapi mengandung gizi yang baik. Penambah nutrisi ini diproses dengan cara mekanik. Disebut juga dengan vitamin olahan pabrik.

Bentuk suplemen berupa pil, tablet, serbuk, maupun cair. Ini dapat ditemukan di apotek. Ada suplemen vitamin A dan E yang khusus dibuat untuk satu jenis vitamin. Ada juga yang mengandung tiga macam vitamin disertai zat mineral.

Nature E

Suplemen ini terkenal sebagai asupan yang bermanfaat untuk kecantikan. Merek ini sudah populer di kalangan remaja hingga lansia. Mengkonsumsi secara rutin dapat menyehatkan kulit. Produknya kini semakin bervariasi dengan isi yang berbeda.

Wellness Natural Vitamin E

Suplemen penangkal virus ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Karena itu, bisa digunakan juga untuk mengatasi masalah kulit dan kecantikan.

IPI Vitamin A

Vitamin ini cukup terkenal di Indonesia. Terlebih lagi harganya ramah dikantong. Kandungan suplemen hanya 2.000 IU. Bisa diminum satu butir sehari tanpa resep dokter.

Blackmores Vitamin A

Merek Blackmores memang cukup mahal. Ini sesuai dengan dosis mencapai 5.000 IU. Sehingga memerlukan resep dokter sebelum mengkonsumsinya.

Sumber Makanan

Sumber makanan dari alam bisa dibilang menyehatkan. Sangat aman karena tidak mengandung zat aditif. Sumber makanan organik ini murah dan mudah ditemui.

Buah

Sebagai negara tropis, Indonesia kaya akan buah yang lezat. Tak hanya itu, kandungan vitamin dalam buah tidak diragukan lagi. Bisa mengkonsumsi alpukat atau kiwi untuk mencukupi vitamin E. Sedangkan vitamin A diperoleh dari buah pisang, papaya dan apel. Keistimewaan vitamin A dan E bergabung dalam buah manga.

Sayur

Ada baiknya melengkapi seporsi makanan dengan sayuran. Bayam, brokoli, wortel, labu dan lobak hijau mengandung vitamin A dan E sekaligus. Sehingga tubuh mendapatkan kebutuhan vitamin yang lengkap.

Hewani

Sumber makanan yang mengandung vitamin juga terdapat pada makanan hewani. Jenis makanan ini, antara lain ikan, daging dan telur.

Cukupnya vitamin di dalam tubuh dapat menambah daya tahan tubuh. Ini diperlukan agar tubuh terhindar dari bakteri dan virus. Keistimewaan vitamin A dan E membawa manfaat bagi sistem kekebalan tubuh manusia.

Demikian Keistimewaan Vitamin A dan E yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *