Kadar Oksigen Dalam Darah Penting Untuk Diketahui!

Saat pandemi Covid-19 ini, masyarakat mulai sadar akan istilah-istilah kesehatan. Salah satunya tentang saturasi oksigen. Saturasi oksigen adalah Kadar Oksigen Dalam Darah Penting Untuk Diketahui!

Kadar Oksigen Dalam Darah Penting Untuk Diketahui!
(Foto: https://unsplash.com/photos/F6f0RFPRQc0)

Kenapa mengetahui saturasi oksigen itu penting? Hal ini karena pada pasien Covid-19 kerap kali mengalami saturasi oksigen yang tiba-tiba menurun tanpa disadari. Saturasi oksigen adalah kadar oksigen dalam darah yang juga merupakan nilai seberapa banyak pasokan oksigen yang mempengaruhi ke organ serta jaringan tubuh lainnya.

Alat Pengukur Saturasi Oksigen

Saturasi oksigen bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu analisis gas darah atau bisa juga menggunakan alat pengukur saturasi bernama oxymeter. Oxymeter bisa dibeli bebas di toko alat kesehatan, cara penggunaannya pun sangat mudah, sehingga orang awam pun bisa menggunakannya.
Untuk menggunakan oxymeter, cukup dengan menjepitkan oxymeter ke ujung jari tangan. Lalu oxymeter dinyalakan dan pada layar oxymeter akan terlihat besaran saturasi oksigen dalam tubuh dan denyut nadi.

Oxymeter ini mengukur besaran oksigen dalam darah lewat cahaya yang dikirim oleh pembuluh darah kapiler kemudian dipantulkan sinar inframerah. Penggunaan yang mudah serta akurat ini membuat Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan agar setiap keluarga memiliki alat ini agar bisa memantau saturasi oksigen anggota keluarga secara berkala.

Memahami Angka Saturasi Oksigen

Saat menggunakan oxymeter, kita pun harus paham cara membaca angka di oxymeter tersebut. Untuk kondisi normal, saturasi oksigen ada dalam kisaran 95%-100%. Sedangkan bila angka di oxymeter sudah menurun di bawah 94%, itu artinya kadar oksigen dalam darah rendah sehingga sudah perlu diberikan bantuan oksigen.
Orang yang memiliki saturasi oksigen rendah dalam tubuhnya biasanya mulai mengalami sesak napas dan nyeri dada.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengecek saturasi oksigen secara berkala, agar pasien yang saturasi oksigennya mulai menurun bisa mendapatkan penanganan secepatnya dan mendapatkan bantuan oksigen untuk membantunya bisa bernapas lebih baik.

Itulah penjelasan mengenai apa itu saturasi oksigen. Saturasi oksigen adalah salah satu kondisi tubuh yang harus terus dipantau selama pandemi agar tidak terlambat mendapatkan penanganan.

Demikian artikel Kadar Oksigen Dalam Darah Penting Untuk Diketahui!. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *