Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba

Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/bawang-putih-siung-bawang-putih-545223/)

Sebagai pemain yang unggul dalam kicauan, lovebird perlu stamina kuat. Terlebih lagi saat dilombakan. Burung yang pintar ngekek ini, perlu nutrisi yang komplit. Nutrisi didapatkan dari makanan sehari-hari. Pakan biasa saja tidaklah cukup. Diperlukan racikan pakan lovebird khusus. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan berkicau. Berikut ini Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba.

Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba
Racikan Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal berkhasiat menjaga stamina burung. Juga dapat menjaga daya tahan tubuh. Sehingga keluarga parrot mini ini tidak mudah sakit.
Parutan bawang dicampur dengan air, kemudian disaring. Campur air saringan pada pakan millet. Disaring kembali setelah air meresap. Keringkan millet menggunakan oven.

Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba
Racikan Mengkudu

Mengkudu yang diolah sebagai racikan adalah yang sudah matang. Ciri-cirinya, jika ditekan buah terasa empuk. Buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga stamina lovebird. Sehingga kuat saat dilombakan. Ngekeknya juga semakin nyaring dan lama.

Caranya, mengkudu matang dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian direbus ke dalam air panas. Saring air rebusan dan pisahkan dari ampasnya. Setelah itu, campur air dengan millet. Diamkan beberapa menit hingga meresap. Saring kembali kemudian keringkan.

Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba
Racikan Jahe

Manfaat jahe tidak hanya untuk manusia. Rimpang ini juga bermanfaat bagi kesehatan lovebird. Racikan pakan lovebird menggunakan jahe cenderung lebih baik. Karena tidak menyebabkan efek samping.

Jahe yang telah dikupas dihaluskan terlebih dahulu. Campurkan jahe ke dalam air panas. Kemudian air rendaman disaring dan dicampur pada millet. Diamkan selama dua jam, setelah itu ambil sarinya. Keringkan millet dengan cara disangrai.

Racikan JTJ

Racikan JTJ terkenal sebagai jamu tradisional. Jamu ini memang diperuntukkan bagi lovebird. Singkatannya adalah Jamu Tetes Joss. Ramuan ini diciptakan oleh Pak Su Lek Di. Beliau merupakan salah satu pecinta lovebird di Indonesia. Jamu ini manjur membuat burung yang loyo menjadi bugar. Ini membuat kicauannya lebih lama.

Bahan yang dibutuhkan, antara lain jahe, papaya setengah matang, bawang putih, kunyit dan madu. Semua bahan diparut kemudian diambil sarinya. Baru setelah itu dicampur madu. Jamu ini diberikan pada burung dewasa dua jam sebelum lomba dimulai. Di hari biasa cukup tiga tetes.

Racikan Jenis Racikan Pakan Terbaik Agar Lovebird Juara Lomba diatas, perlu dicoba. Terlebih lagi jika ingin berpartisipasi dalam lomba. Ketahanan dan durasi ngekek sangat menentukan prestasi di lapangan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *