Jenis Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Stroke

Jenis Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Stroke
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/cokelat-makanan-manis-makan-gula-3294455/)

Semua orang bisa berisiko menderita penyakit stroke jika tidak melakukan pola hidup yang sehat. Menurunkan risiko penyakit ini bisa dengan makan makanan sehat untuk mencegah stroke. Selain itu, gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan kurang aktif bergerak perlu untuk dihindari. Penyebab penyakit ini memang bervariasi, tapi gaya hidup memiliki pengaruh yang besar. Berikut Jenis Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Stroke.

Mencegah lebih baik dari mengobati, begitu juga pada penyakit ini. Nah berikut ini beberapa makanan sehat untuk mencegah stroke.

Jus Jeruk 100%

Memulai hari dengan segelas jus jeruk alami menjadi langkah baik untuk mendukung kesehatan jantung. Tidak perlu menambahkan gula pada minuman jus jeruk tersebut. Minuman alami ini mengandung potasium, sebuah nutrisi yang saat masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan risiko stroke. Jus jeruk 100% juga mengandung flavonoid yang bermanfaat menurunkan risikonya baik pada pria maupun wanita.

Strawberry

Buah strawberry dapat membantu mengurangi asupan gula. Delapan buah strawberry berukuran besar mengandung kurang dari 8 gram gula. Makan strawberry setiap hari bisa mendukung kesehatan pembuluh darah. Buah ini mengandung konsentrasi fisetin, antioksidan terpadat dalam makanan. Riset menunjukkan fisetin sebagai antioksidan baru yang berpotensi mencegah stroke iskemik.

Cokelat Hitam

Makanan sehat untuk mencegah stroke bisa berupa cokelat hitam atau dark chocolate. Cokelat hitam dapat membantu menjaga risikonya. Penelitian menyarankan tiga porsi cokelat hitam (satu porsi sekitar 30 gram) seminggu. Konsumsi lebih banyak bukan berarti lebih baik apalagi pada kasus cokelat ini. Makan lebih banyak tidak memberikan tambahan pengurangan risikonya.

Ikan dan Kerang

Ikan dan kerang menjadi tambahan makanan terbaik untuk membantu mengurangi risiko stroke. Sebaiknya tidak mengolah ikan dan kerang dengan cara digoreng untuk mendapakan manfaat yang lebih baik. American Heart Association merekomendasikan agar makan dua porsi seafood seminggu untuk kesehatan jantung. Mereka menyatakan makanan laut bisa mengurangi risiko gagal jantung, jantung koroner, stroke, dan kematian mendadak akibat jantung.

Ada banyak makanan sehat untuk mencegah stroke. Anda sebaiknya mengatur menu makanan yang sehat sejak dini sehingga risiko terkena penyakit ini menjadi berkurang.

Demikian ulasan Jenis Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Stroke. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *