Jenis Ikan Cupang yang Cantik Berada di Aquarium. Apa Saja Ya?

Jenis Ikan Cupang yang Cantik Berada di Aquarium. Apa Saja Ya?
(Foto: https://www.ebay.com/itm/133791249467?hash=item1f2694743b:g:W8sAAOSwfr1gyupR)

Pemilik nama latin Betta sp. Ini kerap dijadikan ikan aduan. Tak lain karena sifatnya yang agresif. Tapi kegarangannya tertutup dengan tampilan yang indah. Bentuk fisik ikan ini sangat memukau mata. Bahkan orang yang melihat dapat terkecoh. Sehingga menjadikannya penghias aquarium. Nah beberapa pilihan jenis ikan cupang yang cantik, antara lain:

Halfmoon

Cupang halfmoon telah menjadi legenda ikan hias yang menawan. Pecinta ikan hias pasti kenal dengan jenis ini. Sirip ekornya yang cantik berbentuk setengah bulan. Warnanya sangat beragam di pasaran. Ikan ini berenang dengan tenang dan terkesan berwibawa.

Double Tail

Jenis double tail sering dikira halfmoon. Jika dilihat sekilas, keduanya memang hampir sama. Terlebih lagi saat melihat bagian ekornya. Sayangnya, mereka memiliki perbedaan. Ekor double tail terbelah dua tepat pada bagian tengah. Lenggak-lenggok ikan saat berenang sangat cantik. Terlebih lagi setiap ikan memiliki warna yang berbeda. Tentu membuat aquarium tampak hidup dan menghibur.

Fancy

Warna ikan cupang fancy sangat bervariasi dan cantik. Bahkan bisa memiliki warna penuh kombinasi. Tak tanggung-tanggung, tujuh warna direbut oleh cupang ini. Tak heran jika menyebabkan orang sangat tertarik menghiasi aquarium.

Keindahan yang dimiliki tidak terpengaruh oleh ukuran tubuhnya. Meski berukuran kecil, ikan ini nampak menarik saat berenang. Untuk cupang Fancy dewasa bisa dilombakan dalam sebuah kontes.

Paradise

Jenis ikan cupang ini banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia, tersebar pada perairan Sumatera, Jawa dan Bali. Sayangnya, sekarang sudah termasuk langka. Sehingga harganya cukup tinggi. Ikan jenis ini memiliki ekor yang bercabang. Garis vertikal berwarna hijau muda menambah kecantikannya.

Plakat

Pada dasarnya, cupang plakat dikenal untuk aduan. Ikan petarung ini berasal dari Thailand. Ukuran tubuhnya lebih besar dari jenis yang lain. Warnanya pun cenderung lebih gelap. Sirip dan ekornya cukup pendek, tapi kokoh. Perbedaan inilah yang membuat hewan air ini menarik. Terlebih lagi bentuk tubuh kekar, cocok dengan gerakan agresifnya.

Tampilan yang menawan membuat ikan aduan ini cocok menghiasi aquarium. Sisi agresifnya tertutup dengan penampilan. Tak salah jika penggemar jenis ikan cupang semakin bertambah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *