Jenis Cara Mengetahui Tumor Otak Secara Medis

Jenis Cara Mengetahui Tumor Otak Secara Medis
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/rsud-peralatan-obat-obatan-pasien-3098683/)

Tumor otak bisa menimbulkan gejala tertentu seperti sering sakit kepala. Namun tak semua sakit kepala berarti menderita tumor atau kanker otak. Oleh karena itu cara mengetahui tumor otak perlu dengan pemeriksaan medis. Orang yang mengalami gejala sebaiknya segera pergi ke dokter sebelum semakin parah. Kebanyakan tumor otak memang tidak terdiagnosis sampai gejala muncul. Berikut Jenis Cara Mengetahui Tumor Otak Secara Medis.

Secara umum, diagnosis tumor otak biasanya dimulai dengan MRI. Nah berikut ini beberapa jenis diagnosis atau cara mengetahui tumor otak.

MRI

Magnetic Resonance Imaging atau MRI menggunakan medan magnet untuk menghasilkan gambar tubuh yang detail. MRI dapat dipakai untuk mengukur ukuran tumor. Dapat menghasilkan gambar yang lebih detail dari CT Scan, MRI lebih disukai untuk mendiagnosis tumor otak. Ada beberapa jenis MRI yang penggunaannya ditentukan dari hasil pemeriksaan saraf. Dokter penyakit dalam atau spesialis saraf membantu menentukan jenis MRI yang digunakan.

CT Scan

Cara kerja CT Scan dengan mengambil gambar bagian dalam tubuh dengan menggunakan x-ray dari sudut berbeda. Komputer nantinya menggabungkan gambar-gambar tersebut sehingga menjadi gambar 3 dimensi. CT scan dapat membantu menemukan pendarahan dan pembesaran ruang di otak. CT scan juga dapat melihat terjadinya perubahan tulang di tengkorak. Alat ini dapat dipakai saat pasien tidak bisa menjalani MRI, misalnya orang dengan alat pacu jantung.

PET

Cara mengetahui tumor otak bisa dengan PET atau Positron Emission Tomography. PET scan digunakan untuk mengetahui lebih lanjut tentang tumor saat pasien menerima perawatan. Pemindaian PET membuat gambar organ dan jaringan tubuh melalui penggunakan berbagai zat.

Jadi zat radiokatif dalam jumlah kecil dimasukkan ke dalam tubuh pasien. Zat tersebut nantinya akan diambil oleh sel-sel yang aktif membelah. Sel tumor lebih cenderung aktif membelah sehingga mereka menyerap lebih banyak zat radioaktif. Pemindaian nantinya akan mendeteksi zat ini untuk menghasilkan gambar bagian dalam tubuh.

Cara mengetahui tumor otak tersebut dipilih berdasarkan dari kondisi pasien. Dokter nantinya yang bisa menentukan apa metode dan alat yang akan digunakan. Setelah tes diagnosis selesai, dokter akan mereview semua hasilnya dengan pasien.

Demikian Jenis Cara Mengetahui Tumor Otak Secara Medis. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *