Ivermectin adalah Obat yang Diklaim Ampuh untuk Covid-19. Benarkah?

Ivermectin adalah Obat yang Diklaim Ampuh untuk Covid-19. Benarkah?
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/obat-tablet-kedokteran-farmasi-257336/)

Sejak masuknya gelombang kedua Covid-19 di Indonesia, nama obat Ivermectin melambung karena diklaim sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan Covid-19. Padahal sebelumnya, Ivermectin adalah obat yang biasa digunakan untuk membasmi cacing parasit di tubuh hewan dan manusia. Ivermectin adalah Obat yang Diklaim Ampuh untuk Covid-19. Benarkah?.

Maraknya penggunaan ivermectin sebagai obat di Indonesia berawal dari sebuah penelitian di Australia. Mereka mengungkap penggunaan invermectin bisa menurunkan jumlah virus corona yang ada pada sel secara signifikan. Apa benar begitu?

Masih Diuji Secara Klinis

Euforia masyarakat akan penggunaan Ivermectin sebagai obat Covid-19 tentunya menimbulkan kecemasan. Selain karena belum teruji secara klinis sebagai obat Covid-19. Apalagi banyak orang yang kemudian membeli dan mengonsumsi ivermectin tanpa resep.

Untuk di Indonesia sendiri, penggunaan Ivermectin sendiri baru akan diberikan di beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 bagi pasien yang menderita. Tentunya untuk melihat hasil keefektifan obat ini.

Ditambah lagi, penggunaan Ivermectin juga belum direkomendasikan oleh berbagai institusi kesehatan, baik di Indonesia maupun dunia, seperti BPOM, WHO, dan FDA.

Harus Sesuai Anjuran dan Resep Dokter

Ivermectin termasuk obat keras. Maka dari itu, penggunaannya harus sesuai anjuran atau resep dokter dan tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan. Jika digunakan tidak sesuai dosis, alih-alih sembuh, pasien justru bisa mengalami beragam efek samping. Yang didapat bisa seperti kejang, gangguan pencernaan, gangguan saraf, hingga kematian.

Sebenarnya, tak hanya penggunaan Ivermectin saja, namun semua jenis konsumsi obat untuk pasien Covid harus melalui resep dokter. Karenanya setiap orang atau pasien memiliki kondisi dan riwayat penyakit yang berbeda. Jadi tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat.

Ivermectin adalah Obat Cacing

Lalu, sebenarnya untuk apa penggunaan Ivermectin ini? Ivermectin merupakan obat untuk pengobatan infeksi yang diakibatkan cacing parasit. Selain itu, penggunaannya harus berdasarkan anjuran dokter dan tidak boleh sembarangan.

Ivermectin adalah obat yang akhir-akhir diklaim mampu mengobati Covid-19, meski begitu, anda juga harus tetap waspada dan tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya. Apabila anda mengalami gejala Covid-19, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter. Tentunya agar dapat memperoleh penanganan serta resep yang tepat sebelum gejala yang anda alami semakin bertambah parah.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *