Inilah Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Stroke Sejak Dini

Inilah Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Stroke Sejak DiniJudul
(Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/kelompok-wanita-yang-melakukan-yoga-868483/)

Stroke merupakan cedera pada otak karena aliran darah ke otak tersumbat atau terjadi pendarahan. Penderita stroke biasanya akan mengalami masalah dalam bergerak, berbicara, atau berjalan. Sebenarnya mengubah gaya hidup seperti berolahraga bisa mencegah stroke. Inilah Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Stroke Sejak Dini. Jenis olahraga mencegah penyakit ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ini penting untuk menurunkan faktor risiko dari stroke.

Berolahraga juga dapat membantu mengendalikan risiko penyakit lain seperti obesitas, kolesterol tinggi, dan diabetes. Penting untuk berolahraga secara rutin agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Berikut beberapa jenis olahraga untuk mencegah stroke:

Jalan Kaki dan Bersepeda

Tipe olahraga yang terbaik untuk menjaga tekanan darah yaitu aerobik. Olahraga ini menggunakan kelompok otot besar secara terus-menerus dan berirama. Contoh olahraga ini seperti berjalan kaki dan bersepeda. Waktu melakukan olahraga ini setidaknya 2 ½ jam seminggu. Jadi bisa melakukannya sekitar ½ jam sehari dan 5 hari dalam seminggu. Mulailah olahraga secara perlahan dan bertahap.

Berlari dan Naik Gunung

Berlari serta naik gunung bisa jadi pilihan jenis olahraga untuk mencegah stroke. Ini juga termasuk olahraga aerobik yang meningkatkan penggunaan oksigen dalam tubuh. Berlari dan naik gunung termasuk jenis olahraga yang berat. Jadi waktu melakukannya tidak perlu sesering olahraga aerobik yang ringan seperti berjalan. Olahraga aerobik berat ini bisa dilakukan minimal 1 ¼ jam per minggu

Berenang

Bagi yang suka berenang, maka olahraga ini juga bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti stroke. Berenang bisa dilakukan seminggu dua kali tergantung dari waktu dan intensitasnya. Berenang sama seperti berlari dan bermain basket yang merupakan olahraga aerobik yang berat. Jadi waktunya tidak perlu terlalu lama seperti olahraga yang ringan.

Berkebun dan Membersihkan Rumah

Olahraga yang ringan seperti berkebun dan membersihkan rumah juga bisa mencegah risiko penyakit ini. Meskipun tergolong ringan, namun jika dilakukan secara rutin setiap hari maka bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tubuh yang aktif bisa menjaga agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk stroke.

Ituah Jenis Olahraga yang Bisa Mencegah Stroke Sejak Dini. Waktu berolahraga dapat disesuaikan dengan jenisnya apakah itu olahraga berat, ringan, atau sedang. Menjaga diri agar tetap aktif dapat membantu untuk terhindar dari penyakit yang bahaya ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *