Gejala Varian Delta yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

Pada gelombang kedua corona di Indonesia, lonjakan pasien positif Covid-19 meningkat pesat. Salah satu yang menjadi penyebabnya selain karena kendornya protokol kesehatan masyarakat, juga karena adanya varian delta yang mulai menyebar di tanah air. Ada beberapa gejala varian delta yang lebih kompleks jika dibandingkan gejala Covid-19 gelombang pertama. Berkut Gejala Varian Delta yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai.

(Foto: https://pixabay.com/id/illustrations/corona-coronavirus-virus-darah-5174671/)

Jika pada Covid-19 gelombang pertama mayoritas gejalanya adalah batuk dan hilangnya penciuman atau anosmia, maka untuk gejala varian delta ini meliputi tambahan gejala. Semua itu seperti sakit perut, nyeri sendi, hilangnya selera makan, mual, juga gangguan pendengaran.

Apabila tidak waspada, gejala nyeri perut ini sering diduga nyeri yang diakibatkan oleh meningkatnya asam lambung di tubuh.

Lebih Mudah Menular

Selain memiliki gejala yang lebih kompleks, untuk Covid-19 varian delta ini juga lebih menular dibandingkan sebelumnya. Varian Delta pertama kali diidentifikasi di negara India dan memiliki waktu penularan yang jauh lebih singkat dan lebih cepat. Bahkan menurut beberapa ahli kesehatan, varian delta ini hanya memerlukan waktu sekitar 5-10 detik saja untuk menular. Mengerikan, bukan?

Jadi, bayangkan betapa cepatnya penularan yang menyebar saat droplet masuk ke dalam tubuh manusia.

Gunakan Masker Ganda

Keberadaan varian delta ini memang harus lebih diwaspadai, selain melakukan protokol kesehatan 5 M dengan ketat, gunakan masker ganda saat keluar rumah. Masker ganda di sini adalah penggunaan masker medis dan masker kain pada waktu bersamaan.

Gunakan masker medis pada lapisan dalam, kemudian tambah dengan masker kain pada bagian luar. Cara ini disebut lebih efektif untuk menangkal masuknya virus ke dalam tubuh.

Jangan gunakan dua masker medis pada waktu bersamaan, karena masker medis memang tidak dirancang untuk digunakan pada waktu bersamaan. Hal ini karena filtrasi masker medis dobel pun tidak akan meningkat.

Apabila anda mengalami demam, nyeri sendi, nyeri perut, termasuk juga mual dan hilang selera makan, patut diwaspadai anda mengalami gejala varian delta. Segera lakukan swab antigen untuk mendapatkan kepastian penyakit dan agar segera mendapatkan obat dan penanganan yang tepat.

Demikian Gejala Varian Delta yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *