Gejala Dan Penyebab Hipertensi Pada Lansia. 3 Ini Yang Paling Sering

Gejala Dan Penyebab Hipertensi Pada Lansia. 3 Ini Yang Paling Sering
(Foto: https://unsplash.com/photos/qSUTZdzeg00)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi yang sering ditemui pada orang lanjut usia. Penyebab hipertensi pada lansia bisa bervariasi. Namun secara umum pembuluh darah akan mengeras seiring bertambahnya umur. Kondisi tersebut membuat jantung memompa lebih kuat saat lansia sehingga memicu hipertensi.

Gejala Hipertensi pada Lansia

Gejala hipertensi sebenarnya tidak ada yang pasti karena setiap orang bisa menampilkan kondisi yang berbeda-beda. Kepala yang pusing tidak selalu berarti seseorang menderita hipertensi. Begitu juga dengan mimisan yang bukan indikator seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi.

Gejala hipertensi pada lansia pun tidak akan terlihat dengan jelas. Oleh karena itu perlu untuk mengecek tekanan darah secara rutin. Orang yang terlihat sehat bisa saja memiliki tekanan darah tinggi. Tentunya penderita hipertensi terutama lansia yang berisiko tinggi perlu mendapatkan pengobatan.

Saat ini mengecek tekanan darah dapat dilakukan dengan mudah dengan tensimeter yang dijual bebas. Namun perlu memastikan bahwa alat yang digunakan memenuhi standar dan beroperasi dengan baik. Mengecek ke petugas kesehatan cenderung akan lebih akurat.

Penyebab Hipertensi pada Orang Lanjut Usia

Lansia yang menderita hipertensi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab hipertensi pada lansia:

Faktor Usia

Semakin tua, risiko menderita penyakit darah tinggi semakin besar. Ini berkaitan dengan pembuluh darah dan organ tubuh yang tidak bekerja optimal di usia yang sudah tua.

Makanan Tinggi Garam, Lemak, dan Kolesterol

Kebiasaan makan dengan kadar garam yang tinggi dapat memicu hipertensi di usia tua. Begitu juga dengan makanan yang tinggi lemak dan kolesterol. Orang yang punya kebiasaan makan kurang sehat cenderung mudah menderita tekanan darah tinggi.

Kondisi Kronis

Penyakit yang diderita seseorang juga memicu tekanan darah tinggi. Beberapa kondisi kronis seperti masalah ginjal, hormon, diabetes, serta kolesterol yang tinggi dapat memicu hipertensi.

Penyebab hipertensi pada lansia kadang tidak bisa dipastikan. Seiring bertambahnya usia, organ-organ tubuh memiliki kondisi yang berbeda sehingga bisa lebih berisiko menderita hipertensi. Saat ini anak-anak muda juga mulai banyak yang menderita hipertensi karena pola hidup yang kurang sehat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *