Fungsi Oksigen untuk Pasien Covid-19 Seberapa Pentingkah?

Fungsi Oksigen untuk Pasien Covid-19 Seberapa Pentingkah?
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/oksigen-lax-oksigen-639425/)

Keberadaan oksigen di masa pandemi ini sangatlah dibutuhkan. Hal ini karena fungsi oksigen untuk pasien Covid-19 sangatlah signifikan. Hal tersebut ditandai karena membantu pasokan oksigen ke dalam tubuh pasien ketikan pasien sudah merasa sesak atau saturasi oksigen mengalami penurunan. Fungsi Oksigen untuk Pasien Covid-19 Seberapa Pentingkah?

Bantuan oksigen eksternal biasanya diberikan pada pasien Covid-19 yang kadar oksigen dalam darahnya sudah di bawah 90%. Pasien bisa mendapatkan oksigen dengan menggunakan selang yang diletakkan di depan lubang hidung, kemudian ada pula masker oksigen yang menutup mulut dan hidung. Akan tetapi, bisa juga dibantu dalam ruangan bertekanan oksigen tinggi.

Kebutuhan Oksigen untuk Pasien Covid-19

Kebutuhan oksigen untuk pasien memang meningkat drastis. Apalagi ketika masuk gelombang kedua dengan varian delta yang diindentifikasi pertama kali di negara India.
Saat virus Corona sudah masuk ke paru-paru dan menyebabkan penumpukan cairan, paru-paru tidak bisa bebas untuk memasukkan oksigen ke dalam tubuh. Dengan demikian, harus dibantu dengan tambahan oksigen eksternal.

Hipoksemia

Pasien yang mengalami hipoksemia atau rendahnya oksigen dalam darah juga merupakan dibutuhkannya oksigen oleh pasien Covid-19. Hipoksemia sendiri ditandai dengan warna kulit dan bibir yang membiru, sakit kepala, sesak napas, hingga hilangnya kesadaran.

Pneumonia

Salah satu akibat dari masuknya virus yang satu ini ke dalam tubuh adalah timbulnya pneumonia atau infeksi paru-paru. Semua itu akan berakibat pada peradangan paru-paru dan kerusakan parah pada paru-paru. Kondisi pneumonia ini juga membutuhkan bantuan oksigen untuk melancarkan pernapasan selama masa penyembuhan.

Fungsi oksigen untuk pasien Covid-19 memang dapat memperpanjang harapan hidup. Apalagi jika melihat kelangkaan oksigen pada masa gelombang kedua pandemi ini membuat banyak pasien akhirnya meninggal dunia karena tidak mendapatkan suplai oksigen. Tak hanya di tempat pengisian oksigen saja, kelangkaan juga banyak
terjadi di beberapa rumah sakit besar di Indonesia.

Fungsi Oksigen untuk Pasien Covid-19 Seberapa Pentingkah? Tentunya hal ini adalah alasan yang jelas betapa fungsi oksigen untuk pasien Covid-19 sangatlah penting untuk disediakan. Karenanya oksigen eksternal bisa disebut juga sebagai penyambung nyawa bagi para pasien yang mengalami gejala sedang hingga berat dan sudah tidak bisa lagi bernapas dengan normal.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *