Fakta Obat Covid Tocilizumab yang Berharga Jutaan

Selain Ivermectin, obat Covid yang banyak diperbincangkan masyarakat adalah Tocilizumab. Namun, obat ini biasanya tidak diberikan pada semua pasien Covid-19, karena hanya pasien yang sudah ada dalam kondisi kritis yang akan mendapatkan perawatan dengan obat ini. Lalu, seperti apa Fakta Obat Covid Tocilizumab yang Berharga Jutaan ini? berikut ulasannya.

Obat Tocilizumab yang direkomendasikan WHO untuk pasien Covid-19 yang tengah krisis. (Foto: https://lifestyle.bisnis.com)

Obat Antibodi Monoklonal dan Anti Interleukin 6

Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, seorang guru besar Fakultas Farmasi di Universitas Gadjah Mada menyebutkan bahwa Tocilizumab merupakan obat antibodi monoklonal serta anti interleukin 6.
Interleukin 6 sendiri merupakan sitokin protein yang bisa menyebabkan terjadinya badai sitokin, salah satu komplikasi pada pasien Covid-19 dengan gejala berat. Pasien Covid biasanya mengalami kenaikan jumlah interleukin 6 sehingga menyebabkan badai sitokin, maka dari itu, obat ini perlu diberikan untuk menekan interleukin 6.

Harga Mahal

Fakta obat Covid Tocilizumab selanjutnya adalah obat ini memiliki harga yang cukup mahal hingga mencapai jutaan rupiah. Kenapa bisa begitu mahal? Hal ini karena teknologi yang digunakan pada produksi obat ini tidak digunakan pada produksi obat lain. Apalagi pembuatan obat ini juga sangat sulit, sehingga masih harus mengimpor dari negara lain.

Harga yang mahal tentunya seringkali membuat keluarga pasien harus berpikir ulang saat akan membeli obat ini. Meski begitu, pemberian obat ini juga salah satu bentuk ikhtiar atau untuk kesembuhan pasien Covid-19 yang sedang kritis dan mengalami badai sitokin.

Tidak Dijual Bebas

Tak hanya mahal, namun obat Tocilizumab ini juga tidak dijual bebas sebagaimana halnya obat kebanyakan. Obat ini biasanya hanya ada di apotek rumah sakit. Penyimpanan obat ini juga tidak boleh sembarangan, karena harus disimpan pada suhu tertentu.

Hanya untuk Pasien Kritis

Pemberian obat ini harus dengan resep dokter, dan biasanya hanya digunakan untuk pasien Covid-19 yang sedang berada dalam masa kritis dan sedang mengalami badai sitokin akibat komplikasi dari Covid-19.

Demikian beberapa Fakta Obat Covid Tocilizumab yang Berharga Jutaan. Harga saat ini berkisar 5 – 6 juta rupiah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *