Cari Tahu Jantung Sehat Berdetak Berapa Kali?

Kesehatan jantung harus terus dipantau, termasuk mengantisipasi gangguan yang terjadi pada jantung. Salah satunya dengan mengamati detak jantung Anda. Karena detak jantung dapat menjadi sinyal kondisi kesehatan Anda, terutama jantung. Lantas, jantung sehat berdetak berapa kali?

(Foto: https://pixabay.com/id/illustrations/jejak-pulsa-obat-kesehatan-163708/)

Kenali Apa Itu Detak Jantung?

Detak jantung mengindikasikan kondisi kesehatan dan tingkat kebugaran Anda. Hal ini dapat dipantau dengan menghitung jumlah detak jantung seseorang dalam waktu satu menit. Anda perlu waspada jika detak jantung Anda terlalu cepat, atau bahkan terlalu lambat. Karena hal tersebut dapat menjadi tanda awal adanya gangguan pada kesehatan Anda atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Detak jantung juga terkadang diidentikkan dengan denyut nadi. Hal ini karena menghitung denyut nadi sama dengan menghitung detak jantung. Dengan demikian, jumlah denyut nadi dapat menggambarkan detak jantung seseorang.

Berapa Kali Detak Jantung Normal?

Detak jantung normal pada setiap individu tidaklah sama. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi detak jantung seseorang. Faktor-faktor tersebut di antaranya usia, aktivitas yang dilakukan, kondisi emosional, dan efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Lalu, jantung sehat berdetak berapa kali?

Umumnya, detak jantung normal pada orang dewasa ketika beristirahat adalah sekitar 60–100 kali per menit. Namun, hal ini dapat berbeda pada orang yang cenderung melakukan aktivitas fisik, seperti atlet. Mereka umumnya memiliki detak jantung normal yang lebih rendah, yaitu sekitar 40 kali per menit.

Demikian halnya dengan detak jantung kita ketika berolahraga juga berbeda dengan ketika beristirahat. Rentang usia pada orang dewasa menunjukkan detak jantung yang berbeda. Sebagai contoh, detak jantung normal pada usia 20 hingga 35 tahun adalah sekitar 95–170 kali per menit.

Namun detak jantung normal pada usia 35 hingga 50 tahun hanya berkisar 85–155 kali per menit. Demikian juga dengan lansia yang berusia 60 tahun ke atas, detak jantung normalnya ketika berolahraga hanya berkisar 80–130 kali per menit.

Yuk, pantau kesehatan jantung kita. Perhatikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi detak jantung dan ketahui jantung sehat berdetak berapa kali?

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *