Cara Merawat Burung Lovebird agar Sehat Mental dan Fisik

Cara Merawat Burung Lovebird agar Sehat Mental dan Fisik
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/lovebird)

Lovebird dapat bertahan hidup hingga 12 tahun saat dipelihara. Tetapi, merawatnya tidak boleh asal. Perlu ketelatenan menerapkan cara merawat burung lovebird. Tujuannya agar burung tetap sehat fisik dan mentalnya. Berikut ini ulasan Cara Merawat Burung Lovebird agar Sehat Mental dan Fisik

Memberi Waktu Istirahat yang Cukup

Hewan ini, ternyata sama seperti manusia. Lovebird membutuhkan istirahat yang cukup. Karena kualitas tidur penting untuk kesehatan fisik dan mental hewan ini. Sehari, keluarga parrot ini membutuhkan tidur sebanyak 10 hingga 12 jam. Suasana yang sepi dan tenang membuat lovebird tidur nyenyak.

Memilih Pakan Berkualitas

Makanan merupakan hal yang riskan saat memelihara lovebird. Burung dengan kicauan nyaring ini memerlukan gizi lengkap dan seimbang. Pakan alami sangat disarankan. Karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan burung kecil ini. Boleh-boleh saja memberikan pellet. Asal mengandung vitamin dan mineral tanpa tambahan zat kimia.

Memberikan Camilan Sehat

Burung yang aktif ini tidak hanya membutuhkan makanan utama. Sebagai pelengkap asupan, lovebird membutuhkan camilan. Syarat camilan yang diberikan adalah menyehatkan. Contoh makanan ringan untuk burung ini adalah biji gandum, beras merah dan sereal.
Camilan yang bebas gula dan pegawet sangat menyehatkan. Jangan sekali-kali memberi camilan yang mengandung coklat, alkohol dan kafein. Zat tersebut memberikan dampak buruk. Terutama untuk daya tahan tubuh.

Selalu Gunakan Air Bersih

Cara merawat burung lovebird ini tidak boleh asal. Penggunaan air pun dapat mempengaruhi mental dan fisik. Sehingga selalu gunakan air bersih untuk minum maupun mandi. Air minum yang ada di wadah harus bersih. Jika perlu saring air agar terjaga kebersihannya. Wadahnya juga perlu diganti setiap hari.

Mengajak Bermain di Luar Sangkar

Sangat lucu melihat lovebird bermain dan meloncat ke sana-kemari. Hanya saja terkurung di dalam sangar, membuatnya bosan. Ini dapat menghilangkan sifat yang ceria dan riang. Sesekali ajak burung bermain di luar. Keluar kandang memberikan suasana baru. Cukup letakkan burung pada pundak atau telapak tangan. Cara ini dapat mengusir kebosanan lovebird. Terlebih dahulu bebaskan tubuh dari aksesoris.

Rahasia Cara Merawat Burung Lovebird agar Sehat Mental dan Fisik adalah kesabaran. Karena mendapatkan hewan peliharaan yang jinak memerlukan usaha lebih. Tidak bisa didapatkan dalam satu malam.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *