Cara Menurunkan Tekanan Darah Untuk Ibu Hamil

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/hamil-wanita-perut-ibu-orangtua-6178270/)

Seorang wanita bisa memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi selama kehamilan. Tekanan darah tinggi ini semakin banyak dialami oleh para wanita hamil. Ini bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan ibu dan janinnya. Jadi perlu tahu untuk jalankan cara menurunkan tekanan darah untuk ibu hamil agar kesehatannya tetap terjaga. Berikut ulasan Cara Menurunkan Tekanan Darah Untuk Ibu Hamil.

Tipe Hipertensi Pada Ibu Hamil

Tekanan darah yang melebihi 140/90 mengindikasikan kondisi tekanan darah tinggi. Wanita bisa mengalami tiga jenis tekanan darah tinggi selama kehamilan. Tipe hipertensi yang terjadi pada ibu hamil, antara lain:

Chronic Hypertension

Hipertensi kronis bisa terjadi sebelum kehamilan atau berkembang pada saat paruh pertama kehamilan. Wanita yang menderita hipertensi kronis biasanya akan memiliki jumlah protein yang tidak normal pada urinnya dan perubahan fungsi liver.

Gestational Hypertension

Gestational hypertension umumnya terjadi pada paruh kedua kehamilan. Tekanan darah tinggi tipe ini biasanya akan membaik setelah kelahiran.

Preeclampsia

Preeclampsia merupakan kondisi tekanan darah tinggi yang bisa dialami saat kehamilan atau setelah melahirkan. Ini merupakan kondisi serius yang bisa memiliki dampak yang kurang baik.

Pengobatan Untuk Hipertensi Pada Ibu Hamil

Cara menurunkan tekanan darah untuk ibu hamil bisa dilakukan dengan obat-obatan. Namun beberapa obat tekanan darah tinggi tidak cocok untuk wanita hamil. Dokter biasanya akan merekomendasikan pengobatan yang berbeda bagi ibu hamil. Dokter mungkin merekomendasikan pengobatan anticonvulsive. Misalnya yaitu magnesium sulfate yang dapat mencegah kejang pada orang yang menderita eklampsia atau preeklamsia.

Di beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan perawatan untuk bayinya juga. Ini tergantung pada seberapa parah kondisi ibu, serta seberapa lama kehamilannya. Wanita yang sedang hamil sebaiknya bertanya pada penyedia layanan kesehatan tentang bagaimana mengontrol tekanan darah.

Mengubah pola hidup seperti lebih banyak berolahraga dan pola makan sehat dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Serupa dengan penderita hipertensi lainnya, ibu hamil juga perlu mengurangi garam dan makan makanan bergizi.

Menurunkan tekanan darah untuk ibu hamil dengan pola hidup sehat perlu dilakukan. Namun berkonsultasi dengan dokter juga penting agar mendapatkan rekomendasi yang lebih tepat tentang medikasi serta pola diet sesuai kondisi tubuh.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *