Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja
(Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-mengiris-labu-1153369/)

Tak seperti orang tua, remaja cenderung memiliki risiko yang lebih rendah dalam menderita penyakit kronis. Namun bukan berarti remaja bisa terbebas dari penyakit. Apalagi kebiasaan saat remaja dapat berpengaruh pada kesehatan di masa tua. Gaya hidup sehat remaja perlu diterapkan agar bisa tetap sehat baik secara mental atau fisik. Anak muda yang sehat bisa menjadi harapan untuk masa depan bangsa. Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja.

Kesehatan bisa dikategorikan menjadi fisik, mental, emosional, dan perilaku. Ada hal-hal yang dapat dilakukan seseorang untuk tetap sehat, begitu juga pada remaja. Berikut ini cara menerapkan gaya hidup sehat remaja:

Olahraga Teratur

Remaja harus aktif secara fisik setidaknya 60 menit setiap hari. Jadi olahraga bukan hanya satu minggu sekali saja. Selain melakukan jenis olahraga tertentu, aktivitas fisik bisa berupa membantu pekerjaan rumah tangga atau membersihkan kelas.

Makan Makanan yang Sehat

Sejak masih remaja perlu membiasakan diri untuk makan makanan yang sehat. Makan banyak buah dan sayuran, beragam protein, dan produk susu rendah lemak. Asupan makanan yang terkontrol berarti dapat menjaga kondisi berat badan. Anak dan remaja yang menderita obesitas biasanya akan mengalami hal serupa saat dewasa. Oleh karena itu, asupan makanan yang tepat perlu dimulai sejak dini.

Tidur yang Cukup

Gaya hidup sehat remaja salah satunya dengan tidur yang cukup. Kebanyakan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai 9 jam setiap malamnya. Tidur memberikan efek kuat pada kemampuan berkonsentrasi. Remaja yang kurang tidur akan kesulitan dalam menerima pelajaran keesokan harinya.

Belajar Mengelola Stres

Remaja pun saat ini banyak yang merasa tertekan apakah itu karena pelajaran atau hubungan sosial. Orang tua bisa membantu para remaja agar bisa mengatasi tekanan yang dialami tersebut. Remaja perlu mendapat dukungan agar bisa terus positif dan memiliki hubungan baik dengan sekitarnya.

Masa-masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Saat itu para remaja perlu membentuk dirinya dengan memulai kebiasaan yang sehat. Menghindari kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok juga dapat dilakukan sejak remaja. Gaya hidup sehat remaja dapat berpengaruh baik untuk kesehatan saat sdewasa.

Demikian Cara Menerapkan Gaya Hidup Sehat Remaja. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *