Cara Mencegah Covid Pada Anak Di Rumah

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/gadis-anak-masker-covid-muda-5760039/)

Anak-anak saat ini sama seperti orang dewasa yang juga rentan terinfeksi Covid-19. Orang tua dapat mencegah Covid pada anak dengan menerapkan protokol kesehatan di rumah. Anak-anak perlu diberi panduan yang dapat mereka mengerti sehingga bisa menjaga diri selama pandemi ini. Berikut Cara Mencegah Covid Pada Anak Di Rumah.

Menerapkan Protokol Kesehatan untuk Anak

Anak-anak terutama yang masih kecil kadang belum memahami masalah bahaya Covid-19. Oleh karena itu orang tua berperan penting dalam menerapkan protokol kesehatan bagi anak-anaknya. Saat berada di dalam rumah, anak-anak perlu mencuci tangan dengan bersih setelah bermain. Mereka juga harus dapat menjaga jarak jika ada tamu atau orang yang baru datang dari luar.

Orang tua kadang perlu membawa anak ke luar rumah. Anak-anak yang ke luar rumah harus menggunakan masker. Para orang tua perlu menyediakan masker yang sesuai untuk anak-anak. Masker dewasa kadang terlalu besar untuk anak-anak. Ada baiknya menyediakan masker yang memang diperuntukkan bagi anak-anak.

Keluarga yang ada di rumah harus sama-sama menerapkan protokol kesehatan sehingga anak juga menjadi aman dari penularan. Saat baru beraktivitas dari luar rumah, harus selalu membersihkan diri terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan anak-anak.

Menjaga Anak Tetap Aktif Selama Pandemi

Selain menerapkan protokol kesehatan, mencegah Covid pada anak bisa dengan menjaga kesehatan tubuhnya. Di masa pandemi, anak tidak bisa belajar seperti biasa di sekolah. Hal ini kadang membuat anak menjadi malas beraktivitas fisik. Apalagi jika sudah bermain dengan gadget, anak bisa lupa waktu.

Orang tua berperan penting untuk membuat anak-anak tetap aktif meski berada di rumah saat masa pandemi. Di pagi hari, anak dan orang tua bisa bersama-sama berolahraga di halaman sembari berjemur.

Setelah sekolah daring, orang tua bisa mengajak anak untuk bermain atau membantu melakukan pekerjaan rumah tangga. Ajak anak untuk ikut aktif membersihkan rumah, mulai dari kamar mereka sendiri.

Mencegah Covid pada anak tidak hanya menjaga mereka menggunakan masker saja. Anak perlu makan makanan yang sehat dan terus aktif secara fisik. Anak yang sehat fisik dan mentalnya cenderung memiliki imunitas yang baik sehingga bisa terhindar dari penyakit.

Demikian Cara Mencegah Covid Pada Anak Di Rumah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *