Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku

(Foto: https://pixabay.com/id)

Apabila dilihat sekilas, lovebird jantan dan betina tampak sama. Ini karena tampilan bulu yang menutupi badan sangat mirip. Burung ini memang cukup unik. Tidak seperti jenis lain yang perbedaannya mencolok. Cara membedakan lovebird jantan dan betina lebih mudah dengan mengamati tingkah lakunya. Berikut Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku.

Sikap Saat Bertengker

Besar tubuh saat bertengger berbeda antara lovebird betina dan jantan. Pemeriksaan fisik menunjukkan betina lebih besar daripada jantan. Tapi, lain halnya saat bertengger. Ukuran sang jantan justru terlihat lebih besar dari betina. Perbedaan ini tampak saat burung dipasangkan di sangkar yang sama.

Perbedaan tingkah laku bertengger ini dikarenakan posisi kaki. Saat meletakkan kakinya nangkring pada ranting, kaki burung jantan merapat. Sedangkan kaki si Betina malah melebar. Sehingga terlihat lebih pendek dan kecil.

Suara Kicauan

Lovebird terkenal karena kicauan atau ngekeknya. Mendengar kicauan bisa dijadikan cara membedakan lovebird jantan dan betina. Umumnya, ngekek lovebird jantan terdengar pendek-pendek. Itu terjadi meski dalam durasi panjang. Sementara pasangannya, cenderung ngekek panjang pada satu waktu.

Cara Membentuk Sarang

Tingkah laku saat membentuk sarang bisa dibilang cukup menonjol. Terlebih lagi, pada lovebird yang hidup sendiri. Hewan ini akan membangun sarang sendirian. Betina terlihat lebih aktif dalam membentuk sarang. Tidak hanya membuat, ia juga mengumpulkan bahan. Sedangkan lovebird jantan hanya mencari bahan. Kemudian memberikan bahan temuannya pada betina.

Perangai Ketika Birahi

Burung lambang kesetiaan ini memiliki tingkah laku birahi yang berbeda. Lovebird jantan terkenal lebih agresif. Ia berani mendekati betina sambil manggut-manggut. Bahkan dilanjutkan dengan mengeluarkan suara untuk menarik perhatian si betina.

Sedangkan lovebird betina akan menunduk sambil melebarkan sayap. Sikap seperti ini disebut ‘ngleper’. Untuk menarik perhatian si Jantan, betina akan menggigit benda apapun yang ada di sekitarnya.

Seperti itulah Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Berdasarkan Tingkah Laku. Para pecinta parrot mini ini harus mengetahui jenis kelamin peliharaannya. Agar dapat melakukan perawatan dan penanganan yang tepat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *