Bolehkah Menggunakan Obat Darah Tinggi Tradisional Bawang Putih?

Bolehkah Menggunakan Obat Darah Tinggi Tradisional Bawang Putih?
(Foto: https://unsplash.com/photos/_b8n1KTZ8rw)

Bawang putih atau bahasa latinnya Allium sativum sejak lama digunakan untuk mengobati masalah tekanan darah tinggi. Bolehkah Menggunakan Obat Darah Tinggi Tradisional Bawang Putih?. Faktanya, obat darah tinggi tradisional bawang putih memang efektif sebagai penurun tekanan darah. Peneliti telah melakukan beberapa riset yang menunjukkan bahwa bawang putih memang berkhasiat untuk penderita hipertensi.

Bagaimana Bawang Putih Menurunkan Tekanan Darah?

Bawang putih mengandung allicin yang memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menyebutkan jika allicin dapat mencegah produksi angiotensi II, senyawa yang bertanggung jawab meningkatkan darah. Angiotensi II dapat menyebabkan pembuluh darah mengencang dan berkontraksi.

Efek allicin mencegah produksi angiotensi II sehingga memudahkan darah mengalir dengan bebas. Ini juga dapat meningkatkan produksi atau ketersediaan hidrogen sulfida dan oksida nitrat. Dua senyawa tersebut penting untuk mengatur tekanan darah.

Para ahli juga percaya bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada bawang putih turut berkontribusi dalam mencegah kenaikan tekanan darah. Obat darah tinggi tradisional bawang putih sendiri aman untuk dikonsumsi dengan sedikit efek samping.

Efek samping dari bawang putih umumnya terjadi karena makan terlalu banyak. Suplemen bawang putih dalam bentuk bubuk atau ekstrak cenderung aman dari efek samping.

Dosis Efektif Bawang Putih untuk Hipertensi

Bawang putih untuk pengobatan hipertensi bisa berupa bawang putih mentah, bubuk, ekstrak, atau minyak. Dosis yang efektif ialah antara 12.3-2.400 mg setiap hari selama 2-24 minggu. Ini juga tergantung dari bentuk obat bawang putih.

Pengobatan tekanan darah tinggi alami lainnya misalnya vitamin C, ginseng, probiotik, potasium, vitamin C, dan lain-lain. Meskipun menggunakan suplemen alami untuk mengobati hipertensi, perlu untuk tetap berkonsultasi ke dokter.

Pengecekan tekanan darah perlu dilakukan secara berkala. Pengobatan menggunakan obat alami seperti bawang putih bisa dikonsultasikan dulu pada dokter. Apakah perlu obat tambahan lainnya atau cukup menggunakan suplemen alami saja.

Meminum obat darah tinggi tradisional bawang putih sesuai dosis umumnya tidak memiliki efek samping yang berarti. Penderita hipertensi juga perlu untuk menjaga pola makan dan berolahraga untuk bisa mengendalikan tekanan darah yang normal.

Demikian artikel Bolehkah Menggunakan Obat Darah Tinggi Tradisional Bawang Putih?. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *