Begini Ciri-Ciri Saturasi Oksigen Rendah Pada Tubuh

Virus Covid-19 menyerang sistem pernapasan, sehingga banyak pasien yang mengalami sesak napas dan memicu saturasi oksigen rendah. Begini Ciri-Ciri Saturasi Oksigen Rendah Pada Tubuh. Saturasi oksigen rendah memang salah satu ciri bahwa pasien Covid-19 ada dalam gejala sedang hingga berat serta sudah membutuhkan bantuan oksigen.

Begini Ciri-Ciri Saturasi Oksigen Rendah Pada Tubuh
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/tekanan-gauge-oksigen-industri-3118811/)

Saturasi oksigen adalah salah satu acuan penting pada pasien Covid-19. Hal ini karena nilai saturasi oksigen dalam tubuh akan menunjukkan kandungan oksigen dalam darah serta lancar tidaknya pengiriman oksigen ke seluruh tubuh.

Pada kondisi normal, saturasi oksigen orang dewasa adalah 95%-100%. Sementara itu, apabila sudah turun hingga kurang dari 90% maka saturasi oksigen sudah rendah sehingga bantuan oksigen eksternal sangat dibutuhkan.

Akibat Rendahnya Saturasi Oksigen

Saturasi oksigen yang rendah bisa mengakibatkan terjadinya hipoksemia, di mana tubuh tidak bisa mengirim oksigen ke seluruh tubuh, organ, serta jaringan secara maksimal. Dan kondisi ini bisa mengakibatkan beragam gejala, seperti:sakit kepala, sesak napas, nyeri dada, napas cepat. Tidak hanya itu, oksigen yang berkurang dalam darah juga bisa mengakibatkan stroke karena pasokan oksigen ke otak mengalami penurunan.

Lalu, Apa yang harus Dilakukan?

Ketika mendapati tubuh saudara, teman atau keluarga kita memiliki saturasi oksigen yang berkurang di bawah 90%, maka harus segera diberi suplai oksigen tambahan atau dengan melakukan posisi proning.
Namun jika sudah jauh lebih rendah lagi saturasi oksigennya, harus segera dibawa ke rumah sakit. Karenanya pasien sudah membutuhkan pasokan oksigen lewat ventilator.

Apalagi bagi pasien yang memiliki komorbid berupa asma atau penyakit paru-paru lainnya, maka keluarga pasien harus menyediakan bantuan tabung oksigen di rumah atau minimal tabung oksigen portable. Meski begitu, ada beberapa pasien, meskipun memiliki saturasi oksigen yang rendah, namun tidak menunjukkan gejala seperti sesak napas. Hal ini disebabkan karena pasien mengalami happy hipoxia.

Kondisi ini justru berbahaya, karena pasien merasa masih sehat dan masih bisa melakukan aktifitas padahal saturasi oksigen dalam tubuhnya sudah berkurang drastis.

Itulah Begini Ciri-Ciri Saturasi Oksigen Rendah Pada Tubuh yang harus diketahui. Selalu cek saturasi oksigen dalam tubuh agar tidak terserang happy hipoxia yang bisa membahayakan kondisi tubuh.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *