Bagian Terpenting dari Cara Merawat Ikan Koi

Bagian Terpenting dari Cara Merawat Ikan Koi
(Foto: https://unsplash.com/photos/jKTGAGp7goM)

Banyak orang yang tertarik memelihara ikan koi. Daya tarik ikan hias ini terlihat jelas pada sisiknya. Semakin disukai karena tergolong jinak. Hanya saja, perawatannya terkenal cukup sulit. Sehingga sebagian orang menyurutkan niat memelihara ikan asal Jepang ini. Cara merawat ikan koi memiliki bagian penting. Ini tidak boleh dilewatkan agar tumbuh sehat. Berikut Bagian Terpenting dari Cara Merawat Ikan Koi.

Hanya Memilih Ikan yang Sehat

Memelihara ikan koi bukan perkara mudah. Agar tidak cepat mati, pastikan memilih koi yang sehat. Ini berlaku saat membeli ikan hias. Sebisa mungkin membeli dari tempat yang terpercaya. Karena akan mendapati penjual yang mengetahui kualitas ikan. Kondisi ikan yang sehat dapat beradaptasi dengan mudah.

Ukuran Wadah yang Disesuaikan dengan Ikan

Ikan hias biasa ditempatkan di dalam aquarium atau kolam. Dua wadah ini merupakan tempat yang baik untuk ikan koi. Hanya, perlu diperhatikan ketepatan ukurannya. Tempat yang luas sangat baik untuk pertumbuhan koi. Sebisa mungkin ukuran wadah sesuai dengan jumlah ikan yang dimasukkan. Agar kualitas air tetap terjaga kualitasnya.

Sistem Filter yang Mumpuni

Cara merawat ikan koi ini berhubungan erat dengan kualitas air. Dengan kondisi air yang baik, maka hewan air ini dapat hidup lebih lama. Pertumbuhannya pun semakin terjaga. Agar kualitas air selalu aman, memerlukan sistem filter.

Perangkat ini bekerja dengan membuat sirkulasi air. Siklusnya dimulai dari air kolam, dilepaskan ke dalam kolam. Kotoran yang bercampur dengan air akan disaring oleh alat ini. Sehingga ada istilah, memelihara ikan kio sama dengan memelihara air.

Menyediakan Fasilitas Karantina

Sebelum dilepaskan ke kolam atau aquarium, ikan air tawar ini perlu beradaptasi. Ikan ditempatkan pada wadah yang terpisah. Perlakuan ini disebut dengan karantina. Tujuannya agar koi yang baru dapat kembali normal karena sebelumnya mungkin mengalami stres.

Ikan yang stres rentan terserang penyakit. Jika langsung dimasukkan ke dalam kolam, dapat menularkan penyakit pada ikan lain. Sehingga fasilitas karantina harus disediakan.

Cara merawat ikan koi membutuhkan ketelatenan. Karena ikan ini termasuk jenis yang perlu perhatian khusus. Merawat secara asal bisa menyebabkan kerugian. Bahkan penanganan yang salah, bisa menyebabkan kematian massal dalam satu wadah.

Demikian ulasan Bagian Terpenting dari Cara Merawat Ikan Koi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *