Bagaimana Sih Penyebab Infeksi Paru-paru Covid-19 Itu?

Bagaimana Sih Penyebab Infeksi Paru-paru Covid-19 Itu?
(Foto: https://pixabay.com/id/illustrations/coronavirus-virus-penyebaran-flu-4952102/)

Seperti yang telah diketahui dari beberapa riset, virus Covid-19 bisa menyebabkan infeksi paru-paru Covid-19. Bahkan, adanya kelainan paru-paru yang terinfeksi Covid-19 bisa terdeteksi sampai lebih dari tiga bulan pasca terinfeksi. Bagaimana Sih Penyebab Infeksi Paru-paru Covid-19 Itu?

Saat virus Corona masuk ke dalam tubuh, virus akan menyentuh selaput lendir yang melapisi mata, mulut, dan hidung. Oleh sebab itu, tiga anggota tubuh ini harus dilindungi dan tidak boleh disentuh sembarangan jika belum mencuci tangan, karena virus rawan masuk ke dalam tubuh melalui ketiga organ tersebut.

Sindrom Peradangan

Sindrom peradangan dan infeksi paru-paru Covid dapat terjadi saat virus Corona masuk ke dalam sel yang sehat dan akhirnya virus tersebut berkembang biak sehingga menginfeksi sel-sel di sekitarnya.

Virus Corona tak hanya menginfeksi saluran pernapasan bagian atas saja, namun juga bisa menginfeksi saluran pernapasan bagian bawah. Sehingga seluruh saluran pernapasan bisa terinfeksi dan mengalami peradangan. Bahkan, untuk sebagian kasus, infeksi paru-paru Covid bisa mencapai hingga ke alveoli.

Tanda Terjadinya Infeksi Paru-paru Covid-19

Ketika infeksi paru-paru Covid-19 terjadi, paru-paru akan meradang serta mengalami pembengkakan. Kondisi ini bisa menyebar luas hingga ke kedua bagian paru-paru.

Pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang, biasanya akan mengalami sakit tenggorokan serta batuk kering, dan sebagian yang lainnya akan mengalami pneumonia serta infeksi paru-paru yang terjadi peradangan pada alveoli.

Peradangan ini akan terlihat ketika dokter melakukan rontgen pada bagian dada dan nantinya akan terlihat penampakan paru-paru yang sudah berkabut. Sedangkan pasien dengan gejala parah, pembengkakan paru-paru juga akan parah dan paru-paru juga akan kotor dan terisi banyak cairan. Kantung udara juga akan terisi banyak lendir yang muncul karena melawan infeksi.

Kondisi ini akan membuat tubuh sulit mengambil oksigen sehingga membuat nafas semakin sesak dan apabila terjadi sindrom gangguan pernapasan akut pasien membutuhkan ventilator untuk bernapas.

Itulah yang terjadi ketika infeksi paru-paru Covid-19 menyerang tubuh, tentunya sangat mengerikan jika sampai mengalami gejala berat dan membutuhkan ventilator. Oleh karena itu, sebelum terlambat, protokol kesehatan harus terus ditegakkan agar terhindar dari virus Covid-19.

Demikian artikel Bagaimana Sih Penyebab Infeksi Paru-paru Covid-19 Itu terjadi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *