Awas! Ini Macam-macam Makanan Penyebab Kanker Usus

Awas! Ini Macam-macam Makanan Penyebab Kanker Usus
(Foto: https://pixabay.com/id/photos/bratwurst-memanggang-daging-enak-2555218/)

Makanan tertentu tidak langsung bisa menyebabkan penyakit kanker usus. Namun beberapa makanan memicu peradangan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko kanker usus. Makanan penyebab kanker usus ini harus dihindari untuk meminimalkan risiko. Apalagi secara umum jenis makanan ini memang tidak sehat untuk tubuh.

Makan makanan dengan gizi seimbang, kaya nutrisi dan serat dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker. Ada juga makanan yang malah meningkatkan risiko kanker. Beberapa makanan penyebab kanker usus, antara lain:

Daging Merah dan Daging Olahan

Konsumsi daging olahan dan daging merah terlalu banyak kurang baik bagi kesehatan. Peneliti menemukan bahwa memakan 50 gram daging olahan setiap harinya(setara dengan satu hotdog) dapat meningkatkan risiko kanker usus sebanyak 18%.

Sebaiknya untuk mengganti konsumsi daging merah atau olahan dengan unggas atau ikan. Daging merah dan daging olahan tetap dapat dimakan namun dalam jumlah sedikit.

Roti Putih

Sama seperti daging olahan, makanan olahan dari tepung juga dapat meningkatkan risiko kanker usus. Biji-bijian olahan dalam roti putih dan makanan tepung lainnya dapat meningkatkan kadar gula darah. Ini bisa menyebabkan resistensi insulin. Tak hanya kanker usus, ini bahkan bisa meningkatkan jenis kanker lain seperti kanker ginjal.

Sebaiknya memilih jenis roti gandum dan oat yang mengandung serat. Asupan serat yang cukup bisa mengurangi risiko kanker usus besar.

Minuman Manis

Selain makanan penyebab kanker usus, ada minuman yang juga meningkatkan risiko terkena kanker. Minuman tersebut adalah minuman manis yang malah banyak disuka oleh orang kebanyakan. Minuman manis dalam kemasan tersebut selain meningkatkan risiko kanker juga dapat memicu obesitas.

Gula yang terdapat dalam minuman seperti soda dapat menyebabkan peradangan kronis. Adanya peradangan bisa memicu timbulnya kanker di seluruh tubuh termasuk kanker usus besar. Sebaiknya mengganti minuman manis dengan air putih atau sari buah-buahan.

Orang yang ingin sehat perlu untuk menghindari atau mengurangi konsumsi makanan penyebab kanker usus. Jika ingin hidup jauh dari penyakit maka konsumsi makanan sehat wajib dilakukan. Makanan seperti buah, sayur, dan biji-bijian dapat melawan kanker usus besar.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *