Apa Saja Ya Jenis Olahraga Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

(Foto: https://pixabay.com/id/photos/kebugaran-halter-langkah-4925664/)

Olahraga secara umum dapat membantu menjaga kesehatan tubuh termasuk menurunkan tekanan darah. Ini juga dapat membantu memberikan lebih banyak energi dan mengurangi stress. Ada beberapa jenis olahraga menurunkan tekanan darah tinggi yang cocok dilakukan oleh penderitanya. Tak perlu pergi ke gym berbayar, melakukan olahraga bisa di rumah atau bahkan di kantor. Apa Saja Ya Jenis Olahraga Menurunkan Tekanan Darah Tinggi? berikut penjelasannya.

Jenis Olahraga untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Olahraga tidak perlu terlalu berat atau terlalu lama, yang terpenting adalah rutin dilakukan setiap hari. Berikut beberapa jenis olahraga menurunkan tekanan darah tinggi.

Olahraga Kardiovaskular atau Aerobik

Olahraga jenis ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membuat jantung lebih kuat. Contoh olahraga ini yaitu berjalan, jogging, lompat tali, bersepeda, ski, berenang, senam aerobik, dan lain-lain. Berjalan atau jogging keliling area dekat rumah bisa dilakukan setiap pagi. Ini cukup mudah dan tidak membutuhkan alat atau biaya.

Latihan Beban

Latihan beban dengan mengangkat barbel dapat membantu membakar kalori. Ini juga baik untuk kekuatan sendi dan tulang. Lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk membantu tubuh lebih mudah bergerak dan menghindari cedera.

Peregangan

Penderita darah tinggi dapat melakukan latihan peregangan. Saat latihan peregangan perlu bernafas dengan nyaman dan tahan peregangan minimal 20 detik. Ada beberapa jenis latihan peregangan seperti peregangan pinggul, peregangan dada, peregangan hamstring, dan lain-lain.

Berolahraga bagi Penderita Darah Tinggi

Penderita darah tinggi bisa memulai dengan melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat. Misalnya dengan berjalan cepat setidaknya selama 30 menit setiap hari, 5 hari dalam seminggu. Saat memiliki waktu hanya sedikit maka bisa melakukan aktivitas yang lebih berat misalnya jogging selama 20 menit.

Sebelum berolahraga perlu untuk melakukan pemanasan setidaknya 5 sampai 10 menit. Jangan melakukan olahraga terlalu berat. Selama berolahraga harus tetap dapat berbicara dengan orang lain. Sebelum mengakhiri olahraga, jangan langsung tiba-tiba berhenti. Perlu untuk menurunkan intensitasnya lebih dahulu beberapa menit baru berhenti. Ini penting bagi orang dengan tekanan darah tinggi.

Olahraga menurunkan tekanan darah tinggi sangat beragam. Penderita hipertensi bisa memilih jenis olahraga yang disukai dan rutin melakukannya.

Sekarang silahkan praktekkan Apa Saja Ya Jenis Olahraga Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *