Apa Saja Penyebab Kanker Usus Besar?

Apa Saja Penyebab Kanker Usus Besar?
(Foto: https://pixabay.com/id/illustrations/sistem-pencernaan-ilmu-urai-1788623/)

Secara umum, kanker usus mulai saat terjadi perubahan atau mutasi DNA pada sel di kanker usus. Sel yang sehat tubuh dan membelah dengan teratur untuk menjaga tubuh berfungsi dengan baik. Penyebab kanker usus besar biasanya tidak akan ditentukan karena satu faktor saja. Ada beberapa faktor risiko yang bisa menimbulkan penyakit kanker ini.

Beberapa faktor risiko yang meningkatkan risiko kanker usus besar antara lain:

Usia Tua

Orang dengan usia tua lebih berisiko menderita kanker usus besar. Orang semua usia sebenarnya bisa menderita kanker namun kebanyakan kanker usus besar diderita oleh orang dengan usia 50 tahun ke atas. Tingkat kanker usus pada orang di bawah 50 tahun saat ini meningkat, namun belum ada yang tahu penyebabnya.

Punya Riwayat Polip atau Kanker Kolorektal

Risiko kanker usus besar lebih tinggi jika sebelumnya memiliki riwayat kanker kolesterol atau polip. Orang yang sudah pernah menderita penyakit ini sebelumnya akan lebih berisiko terkena kanker usus besar di kemudian hari.

Kondisi Peradangan pada Usus

Penyakit radang kronis pada usus besar seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn bisa meningkatkan risiko kanker usus besar. Peradangan pada tubuh memang menjadi salah satu penyebab dari timbulnya kanker.

Sindrom Bawaan

Sindrom bawaan yang diturunkan bisa meningkatkan risiko kanker usus besar. Beberapa mutasi gen yang diturunkan dari generasi ke generasi dapat menjadi faktor risiko terkena penyakit ini. Sindrom bawaan ini misalnya familial adenomatous polyposis atau FAP dan Sindrom Lynch.

Pola Makan Rendah Serat dan Tinggi Lemak

Penyebab kanker usus besar salah satunya dapat berupa pola makan yang kurang sehat. Orang yang kurang makan serat dan sering makan makanan berlemak akan lebih berisiko menderita penyakit.

Kurang Aktif Bergerak

Orang yang kurang aktif lebih berisiko menderita kanker usus besar. Oleh karena itu penting untuk tetap menggerakkan tubuh baik olahraga atau kegiatan lainnya.

Ada beberapa penyebab kanker usus besar yang sulit untuk dicegah. Namun faktor risiko berupa gaya hidup yang kurang sehat dapat diubah. Sudah saatnya untuk menetapkan pola hidup yang lebih sehat agar terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker usus besar.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *